Madura dan Pasuruan Rawan, Polisi Kerahkan Pasukan saat Coblosan

Semoga tetap aman

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Imam Sugianto memberi atensi khusus kepada empat kabupaten di Madura, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep serta Kota Pasuruan pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2/2024).

Pemetaan ini berdasarkan tingkat kerawanan yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu. Beberapa kerawanan yang dimaksud antara lain, netralitas penyelenggara, pengaruh tokoh hingga fanatik yang berlebihan.

"Oleh karena itu maka kami menambah jumlah personel di daerah rawan," ujarnya saat ditemui usai tinjauan logistik di Gelora Pancasila Surabaya, Selasa (13/2/2024).

Personel tambahan itu, kata jenderal dengan dua bintang emas ini, ada sebanyak delapan Satuan Setingkat Kompi (SSK). Diketahui, satu SSK berisi sebanyak 100 personel.

"Delapan SSK TNI - Polri ditempatkan di Pamekasan dan Sampang bisa menempatkan di daerah satu TPS dua polisi dan dua linmas," terang Imam.

Tak hanya delapan SSK, Imam juga menyampaikan bahwa pihaknya telah memberangkatkan 1.013 personel pengamanan Pemilu pada Minggu (11/2/2024) lalu. Para personel ini akan bertugas memperkuat pengamanan di daerah maupun TPS yang memiliki potensi rawan kerusuhan saat tahapan pemungutan hingga penghitungan suara. 

"Nanti personel personel ini akan ditempatkan di TPS TPS yang membutuhkan penebalan," kata dia.

Sekadar diketahui, Jumlah TPS di Jatim mencapai 120.666 tempat, kemudian PPK sebanyak 666 orang dan PPS sebanyak 8.494 orang. Lebih lanjut, jumlah kotak suara sebanyak 120.666 x 5, jumlah bilik 120.666 x 4.

Baca Juga: TPS di 3 Kabupaten di Jatim Rawan Bencana, KPU Beri Atensi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya