Longsor dan Banjir Terjadi di 3 Daerah Jatim dalam Sehari

Tetap waspada, rek!

Surabaya, IDN Times - Cuaca ekstrem berupa hujan deras mengakibatkan sejumlah bencana di Jawa Timur (Jatim). Tercatat ada tiga bencana sekaligus pada Senin (3/4/2023). Mulai dari tanah longsor di Bondowoso hingga banjir di Probolinggo dan Pasuruan.

Bencana tanah longsor terjadi di Jalan Raya Ijen, Kecamatan Ijen, Bondowoso pada pukul 14.00 WIB, Senin (3/4/2023). Tanah longsor ini disebabkan hujan lenat yang mengguyur wilayah setempat. Akibat kejadian itu akses Bondowoso menuju Ijen lumpuh karena tertutup material longsor.

"Material longsor menutup akses Jalan Bondowoso - Kecamatan Ijen dengan panjang 200 Meter, Lebar 7 Meter dan Tebal 2 Meter," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Gatot Soebroto saat dikonfirmasi, Selasa (4/4/2023).

"BPBD melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat berat dari PT Medco. Dalam kejadian ini dipastikan nihil korban jiwa," dia menambahkan.

Lebih lanjut, banjir di Dusun Prapatan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Probolinggo disebabkan tanggul sungai yang jebol sekitar pukul 16.30 WIB. Jebolnya tanggul sungai sendiri dikarenakan hujan lebat yang mengguyur sejak pukul 13.00 WIB.

"Kami pastikan pukul 20.00 WIB surut total, tidak ada korban jiwa maupun pengungsi," tegas Gatot.

Sementara untuk banjir di Desa Masangan dan Manuruwi, Kecamatan Bangil, Pasuruan disebabkan meluapnya debit air DAS Badong. Hal ini lantaran terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat sejak pukul 15.00 WIB. "Debit air meluap ke jalan desa dan pemukiman secara perlahan pukul 20.00 WIB," kata Gatot.

"Kondisi saat ini, genangan berangsur surut," dia melanjutkan. Gatot terus mengimbau masyarakat waspada dan berhati-hati. Karena peringatan dini cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi dalam pekan ini.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya