Libur Natal, KBS Diserbu 25 Ribu Wisatawan

Pengunjung naik drastis dibanding tahun lalu

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi destinasi yang paling diminati oleh wisatawan saat libur Natal. Terbukti, ada sebanyak 25 ribu lebih wisatawan pada Minggu (25/12/2022). Jumlah itu naik signifikan dibandingkan dengan Natal tahun lalu.

"Sabtu - Minggu kemarin naik pengunjung kami. Sabtu 10 ribu lebih, Minggunya 25 ribu lebih pengunjung," ujar Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Agus Supangkat kepada IDN Times, Senin (26/12/2022).

Agus menyebut, jumlah pengunjung pada pekan lalu mengalami kenaikan lebih dari 300 persen dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan catatan PDTS KBS, pada 24 Desember 2021 ada sebanyak 2 ribu lebih pengunjung.

"Sedangkan tanggal 25-nya untuk tahun lalu itu sekitar 4 ribu lebih pengunjung," kata dia.

Agus melihat, kenaikan pengunjung ini disebabkan adanya pencabutan kebijakan PPKM oleh pemerintah. Ditambah lagi, kasus COVID-19 yang terus melandai. Hal ini membuat wisatawan antusias untuk berlibur.

"Kebijakan saat ini sangat memungkikan untuk pengunjung yang datang tanpa pembatasan. Mungkin ini yang membuat jumlah pengunjung di KBS naik," kata dia.

Karena banyaknya pengunjung, KBS sempat membuat kebijakan kalau lahan parkir yang ada di KBS hanya dikhususkan untuk roda dua alias sepeda motor saja. Sementara roda empat atau mobil, bisa parkir Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

"Untuk memudahkan pengunjung yang parkir di TIJ, kami buka pintu selatan. Pengunjung tidak perlu jalan jauh ke pintu utama. Bisa masuk lewat pintu selatan," kata Agus.

Nah, di pintu selatan ini juga, pengunjung bisa membeli tiket. "Kami sudah buka pembelian tiket di loket-loket yang tersedia. Jadi tidak hanya online, tiket di loket juga tersedia. Di pintu selatan itu juga kami sediakan loket," ucap Agus menjelaskan.

Wahana-wahana dan program yang bisa dinikmati pengunjung sangat beragam, mulai Wahana The Adventure Noctudio Park of Surabaya, Wahana Animal Edutaiment, Wahana Kid Zoo, Wahana Tunggang Gajah, Wahana Tunggang Onta, Wahana Wisata Air, Wahana Animal Story, Wahana Kolam Renang Anak.

Untuk memberikan kesempatan mengenal lebih dekat dengan satwa pengunjung bisa bergabung di booth foto selfie bersama satwa yang semakin beraneka ragam dan tersebar di beberapa titik. Selama program Event Nataru tahun ini pengunjung bisa menikmati beberapa program.

"Talk with animals, feeding time satwa, pentas budaya jaranan, live aneka pentas musik dengan bintang tamu Esa Risti, Maretha Primadani, Tasya Rosmala," kata Agus.

Baca Juga: Anoa di KBS Mati, Ini Penjelasan Lengkap Manajemen KBS

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya