Labfor Polda Jatim Sebut Titik Awal Api di Lantai 10 TP 5

Apa penyebabnya Pak Pol?

Surabaya, IDN Times - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Jatim) telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kejadian kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya. Meski belum diketahui penyebabnya, tapi titik awal api telah teridentifikasi pada Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan

1. Proses olah TKP selama 7 jam, temuan ada 4 lantai terbakar

Labfor Polda Jatim Sebut Titik Awal Api di Lantai 10 TP 5Kobaran api muncul dari Tunjungan Plaza 5 yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Kepala Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Sodik Pratomo mengatakan, proses olah TKP kejadian kebakaran di TP 5 berlangsung selama tujuh jam. Yakni mulai dari pukul 08.00 - 15.00 WIB. Hasilnya, diketahui ada empat ruang yang terbakar.

"Lantai 4, lantai 5, lantai 10 dan lantai 11," ujar Sodik.

2. Dari 4 lantai, awal api disebut dari lantai 10

Labfor Polda Jatim Sebut Titik Awal Api di Lantai 10 TP 5Bagian gedung di Tunjungan Plaza 5 Surabaya terbakar. dok. Istimewa.

Nah, dari empat lantai yang terbakar itu, Sodik menyebut kalau pihaknya menemukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10. Tepatnya di sekitar plafon, luar teras bioskop. Temuan ini tentu sangat berbeda dengan data Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya yang menyebut dari lantai 4. Sedangkan informasi awal pihak kepolisian justru lantai 5.

"Saat ini kita melaksanakan sinkronisasi temuan di lapangan, temuan barang bukti, temuan saksi dan gambar teknis punya TP," katanya.

3. Penyebab kebakaran akan disampaikan 3 hari lagi

Labfor Polda Jatim Sebut Titik Awal Api di Lantai 10 TP 5Pengunjung saat berhamburan keluar Gedung Tunjungan Plaza. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Terkait penyebab kebakaran, perwira dengan tiga melati emas ini belum bisa membeberkan lebih rinci. Karena saat ini masih dalam tahap proses pemeriksaan labfor. Dia memprediksi hasil labfor akan keluar pada tiga sampai empat hari mendatang.

"Mudah mudahan tiga sampai empat hari ke depan bisa menyampaikan. Barang bukti yang kami bawa itu sisa abu kebakaran, kemudian ada kabel, dan ada bekas lampu," kata Sodik.

"Kalau kita memeriksa itu penyebab kebakaran bisa dari alam, elektrik mekanik, kimia, biologi, kita sisir itu ternyata kalau alam jelas tidak ada karena tidak ada petir, kimia tidak ada, biologi tidak ada, mekanik tidak ada. Mungkin listrik sama apakah ada unsur-unsur lain kelalaian atau apa," dia menerangkan.

Baca Juga: Hari Ini Tunjungan Plaza Tetap Buka Kecuali Area TP 5

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya