KPU Jatim Siap 100 Persen Terima Bapaslon yang Daftar Pilgub

Tapi hari pertama masih sepi

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) memastikan sudah 100 persen siap menerima Pasangan Calon (Palson) Gubernur - Wakil Gubernur Jatim yang akan mendaftar pada tiga hari ini. Diketahui pendaftaran dibuka mulai 27 - 29 Agustus 2024.

Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner KPU Jatim, Chairul Umam. "Kalau kita sudah 100 persen siap. Karena hari ini hari pertama pendaftaran, kami sudah siap mulai sarana prasarana, kemudian SDM-nya termasuk administrasi sudah kami siapkan," ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Jatim, Selasa (27/8/2024).

Nantinya jika ada bakal paslon beserta timnya yang hadir ke KPU Jatim untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024, Umam memastikan semuanya akan berjalan sesuai prosedur. "Nanti akan kami terima di lantai dua, dan para pendukung supaya bisa memantau proses di atas bisa menonton dari monitor di bawah," katanya.

Sementara dari pukul 08.00 - 12.00 WIB di KPU Jatim masih belum ada yang mendaftar. Pendaftaran hari pertama dan kedua dibuka pukul 08.00 - 16.00 WIB. Sedangkan hari ketiga pukul 08.00 - 23.59 WIB.

"Hari ini belum ada konfirmasi dari paslon manapun yang hadir. Tapi kami masih menunggu sampai jam 4 (16.00 WIB)," kata Umam.

Tak hanya sepi pendaftar, Umam menyebut kalau tim bakal pasangan calon (bapaslon) juga belum ada yang menghubungi pihak KPU Jatim. Hanya saja, ada lima partai politik yang bertanya secara informal melalui pesan seluler.

"LO partai politik ada yang kontak menanyakan soal persyaratan pencalonan. Ada lima parpol yang tanya, Gerindra, Demokrat, PDIP, PKB dan pagi tadi Gelora," terang Umam.

Meski belum ada tim bapaslon yang mengonfirmasi jadwal pendaftarannya, Umam mengakui kalau mendapatkan kabar bahwa ada paslon yang akan daftar pada Rabu (28/8/2024). Yaitu, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak.

"Ada kabar, katanya besok tim paslon Khofifah dan Emil melakukan pendaftaran. Kalau konfirmasi resminya kami belum dapat," kata Umam.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran di KPU Jatim, Belum Ada Bapaslon yang Daftar

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya