KIP Prabowo-Gibran Gaungkan Program Hilirisasi Industri di Gresik

Apakah menguntungkan rakyat?

Gresik, IDN Times - Relawan Bakal Pasangan Calon Presiden - Wakil Presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka terus bergerilya di Jawa Timur (Jatim). Kali ini mereka yang tergabung Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo meyakinkan kalau warga Gresik kalau Prabowo - Gibran bakal memberikan dampak positif di sektor industri.

Sektor industri sendiri sangat berdampak di kawasan Gresik. Karena diketahui memang Gresik menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang mempunyai banyak pabrik industri. Bahkan ada kawasan khusus industri di sini.

Ketua KIP Prabowo Jatim, Muhajir Sulthonul Aziz mengatakan, Gresik merupakan kabupaten yang industrinya berkembang pesat. Terlebih saat ini terdapat pembangunan smelter atau fasilitas pemurnian yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia di kawasan JIIPE. 

Artinya, hilirisasi industri dalam negeri memang mulai digalakkan. Hilirisasi industri dalam negeri memegang peranan krusial dalam membangun industri nasional yang mandiri. 

"Dengan mengubah bahan mentah menjadi produk jadi, kita tidak hanya meningkatkan nilai tambah, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kemampuan teknologi dalam negeri," katanya.

“Di Kabupaten Gresik, langkah ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat. Dan hanya capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memiliki visi-misi terkait hilirisasi industri,” imbuh Muhajir menambahkan.

Sementara itu Pembina KIP-Prabowo, Fandi Utomo menyampaikan, hilirisasi industri akan menciptakan peluang kerja lokal yang berkelanjutan. Dengan memproses bahan mentah secara lokal, industri akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dalam berbagai sektor.

"Hilirisasi juga akan mengurangi ketergantungan pada impor produk jadi. Dengan memiliki fasilitas produksi lokal yang kuat, Kabupaten Gresik dapat memenuhi kebutuhan domestik tanpa harus mengimpor produk dari luar negeri," ungkapnya.

"Ini akan menguntungkan ekonomi lokal dan mengurangi risiko ketergantungan terhadap pasokan luar," tegas Fandi melanjutkan.

Pria yang juga Sekertaris Majelis Pertimbangan Karang Taruna ini mengatakan, Capres Prabowo memiliki gagasan bagaimana hilirisasi dapat memajukan sektor teknologi dan inovasi. Hal ini akan memperkuat daya saing industri di tingkat nasional maupun internasional.

"Hilirisasi industri akan memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan daerah dan negara. Dengan produksi dan penjualan produk jadi yang tinggi, akan terjadi peningkatan pendapatan pajak bagi pemerintah daerah dan nasional," kata dia.

"Dana ini dapat digunakan untuk memperbaiki infrastruktur, memajukan pendidikan, dan menyediakan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat,” pungkas dia.

Baca Juga: TPN Ganjar Kunjungi Ponpes Jombang, Guru Ngaji Jadi Perhatian

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya