Kian Ketat, Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di Jatim

Koen milih sopo rek?

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim) terus menguat. Bahkan, berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terbaru, nama telah Prabowo menyalip Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meski hanya berselisih tipis.

"Prabowo (21,7 persen) masih teratas di Jatim, unggul tipis atas Ganjar Pranowo (21,4 persen)," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siraijt saat memaparkan hasil survei di Surabaya, Senin (19/9/2022). 

1. Prabowo unggul di Tapal Kuda

Kian Ketat, Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di JatimKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Secara rinci, Baihaki menjelaskan kalau Prabowo unggul di kawasan Tapal Kuda atau Jawa Timur bagian Timur. Nah, wilayah ini diketahui merupakan basis nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU). Dia melihat, unggulnya Prabowo di wilayah tersebut lantaran kadernya getol turun.

"Prabowo unggulnya di daerah Tapal Kuda, di Madura. Karena basisnya sejak dulu di sana. Ditambah kader-kader Gerindra di Tapal Kuda ini sangat bergeliat," kata dia.

2. Digandengkan Khofifah, Prabowo makin melejit

Kian Ketat, Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di JatimSurvei ARCI di Jatim, elektabilitas Capres 2024. Dok. ARCI

Lebih lanjut, saat disimulasikan dengan sejumlah nama cawapres, Prabowo tetap unggul. Saat digandengkan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (29,9 persen) atau dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (25,4 persen), Prabowo tetap mengungguli Ganjar Pranowo. 

"Faktor lain juga Prabowo sudah menyatakan dirinya akan maju lagi di Pilpres 2024. Hal ini membuat angka elektabilitas beliau naik. Sedangkan Ganjar belum jelas, partainya dari mana. Sementara Anies Baswedan masih kurang laku di Jatim," Baihaki menambahkan.

Baca Juga: Anies Dijegal Nyapres, PDIP: Kita Gak Terlibat, Apalagi Pak Jokowi! 

3. Berdampak pada elektabilitas partai yang terus mendekati PDIP dan PKB

Kian Ketat, Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar di JatimKetum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berfoto bersama awak media di hari terakhir rakernas. (dok. PDIP)

Tingginya elektabilitas Prabowo ini rupanya juga berdampak pada elektabilitas partainya. Namun, Gerindra yang mempunyai elektabilitas 15,4 persen di Jatim masih harus bersaing dengan PDIP yang mempunyai elektabilitas 16,1 persen dan PKB yang memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 16,8 persen.

"Secara otomatis Gerindra dapat limpahan elektoral juga," tandas Baihaki.

Sekadar diketahui, survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8 persen. 

Elektabilitas nama-nama yang berpotensi maju sebagai calon presiden 2024:

1. Prabowo Subianto 21,7 persen

2. Ganjar Pranowo 21,4 persen

3. Anies Baswedan 10,5 persen

4. Muhaimin Iskandar 10,3 persen

5. Erick Tohir 6,4 persen

6. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,7 persen

7. La Nyalla Matalitti 4,1 persen

8. Ridwan Kamil 3,9 persen

9. Airlangga Hartarto 2,7 persen

10. Sandiaga Uno 2,1 persen

11. Puan Maharani 1,9 persen

12. Moeldoko 1,2 persen

Tidak menjawab/tidak tahu: 8,1 persen

 

Simulasi Capres-Cawapres RI 2024 I:

Prabowo-Khofifah: 29,3 persen

Ganjar-Puan: 22,1 persen

Anies-AHY: 14,7 persen

Airlangga-Erick Thohir: 9,1 persen

Tidak tahu/tidak menjawab: 24,8 persen

 

Simulasi Capres-Cawapres RI 2024 II:

Prabowo-Muhaimin: 25,4 persen

Ganjar-Erick 24,1 persen

Andika-Anies: 11,7 persen

Tidak tahu/tidak menjawab: 38,8 persen

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Prabowo Paling Tinggi, Kalahkan Anies dan Ganjar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya