Kiai Agus Sunyoto, Ensiklopedia Sejarah Itu Telah Berpulang

Mendidikasikan hidupnya dalam sejarah Islam dan Indonesia

Surabaya, IDN Times - Sekretaris PWNU Jawa Timur (Jatim), Akhmad Muzakki mengonfirmasi bahwa Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PBNU, KH Agus Sunyoto meninggal dunia di Surabaya, Selasa (27/4/2021). Pihaknya pun menyampaikan duka cita mendalam.

"PWNU Jatim berduka atas wafatnya KH Agus Sunyoto," ujarnya.

1. Kiai Agus layaknya ensiklopedia sejarah berjalan

Kiai Agus Sunyoto, Ensiklopedia Sejarah Itu Telah BerpulangKH Agus Sunyoto. Twitter @BugPict

Muzakki menilai Kiai Agus semasa hidup sangat setia dengan ilmunya. Mendiang mendidikasikan hidupnya dalam sejarah Islam dan Indonesia. Sehingga sangat layak disebut sebagai ensiklopedia berjalan.

"Beliau ini ensiklopedi sejarah berjalan. Kita kehilangan ahli sejarah yang tidak saja menguasai materi secara kronologis tapi mampu memberi makna untuk generasi terkini," kata dia.

Baca Juga: Sejarah Penyebaran Islam di Nusantara, dan Peninggalannya

2. Kiai Agus sejarawan terbaik NU

Kiai Agus Sunyoto, Ensiklopedia Sejarah Itu Telah BerpulangKH Agus Sunyoto bersama budayawan NU. Dok/NU online.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib mengenang Kiai Agus sebagai sosok yang supel. Dia menilai Kiai Agus merupakan ahli sejarah atau sejarawan terbaik yang dimiliki NU.

"Beliau sangat supel dan ahli sejarah, khususnya terkait perkembangan Islam sejak Wali Songo serta peran serta pesantren di Indonesia," ungkapnya.

3. Kenal Kiai Agus lewat karyanya

Kiai Agus Sunyoto, Ensiklopedia Sejarah Itu Telah BerpulangKH Agus Sunyoto bersama KH Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU. NU online

Secara terpisah, Ketua NU Care-LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah mengenal Kiai Agus melalui karya-karya tulisnya yang luar biasa. Salah satu karya fenomenalnya adalah Atlas Walisongo. Beberapa kali, ia menyempatkan diri untuk bisa ikut seminar dengan narasumber Kiai Agus.

"Saya sempat berdiaolog cukup dekat dalam sesi wawancara. Tak berlebihan kalau saya menyebut beliau sebagai penyelamat sejarah nusantara," pungkasnya.

Baca Juga: Hasan Gipo, Sosok Presiden NU Pertama yang Tak Banyak Diketahui

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya