Comscore Tracker

Khofifah: Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Gubernur Papua

Stafsus Presiden bidang Papua juga akan berkunjung

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengakui adanya pemanggilan terhadap dirinya dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pemanggilan ini terkait konflik mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang yang memicu gejolak di Papua Barat saat ini. Pemanggilan ini, juga melibatkan dua gubernur lainnya.

 

1. Pertemuan melibatkan Gubernur Papua dan Papua Barat

Khofifah: Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Gubernur PapuaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Khofifah mengatakan bahwa telah diundang Mendagri untuk melakukan pertemuan bersama Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat. Ia pun akan mengikuti instruksi dari pemerintah pusat.

"Pak Mendagri akan mengundang Gubernur Papua, Papua Barat, dan Jatim.. Kami akan mengikuti arahan Pak Mendagri," ujarnya saat acara Cangrukan di rumah dinas Kapolda Jatim, Senin (19/8) malam.

2. Jatim siap ditunjuk tuan rumah

Khofifah: Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Gubernur PapuaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Mantan Menteri Sosial ini mengaku bersedia kalau Jatim ditunjuk sebagai tuan rumah. Ia akan memfasilitasi sebaik mungkin pertemuan dengan para Gubernur Papua dan Mendagri.

"Kami akan bersuka cita untuk bisa menerima Gubernur Papua, Papua Barat dan tentu dalam koordinasi Pak Mendagri sekaligus silaturahim dengan mahasiswa Papua di Jatim. Malang juga siap jadi tuan rumah," kata Khofifah.

3. Gubernur Papua berencana kunjungan ke mahasiswa di Jatim

Khofifah: Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Gubernur Papua(Gubernur Papua Lukas Enembe ) ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

 

Kesediaan Khofifah untuk menjadi tuan rumah pertemuan bukan tanpa alasan. Ia membeberkan kalau telah ditelepon Gubernur Papua yang berencana mengunjungi mahasiswa Papua di Jatim.

"Jadi kami saling mengkonfirmasi mana yang mungkin kita bisa rakit, saling bergandengan tangan semua kita ajak utk bergandengan tangan, saling memunculkan understanding," kata Khofifah.

Baca Juga: Terkait Ujaran Sensitif, Khofifah Minta Maaf ke Gubernur Papua

4. Staf Khusus Presiden bidang Papua ke Jatim hari ini

Khofifah: Jatim Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Gubernur PapuaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Sebelum ada pertemuan, Khofifah bersama Staf Khusus Presiden bidang Papua, Lenis Kogoya dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rencananya hari ini (20/8) akan mengunjungi asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan nomor 10, Surabaya. Pihaknya ingin menunjukkan kepedulian pemerintah dan memastikan kalau para mahasiswa ini dalam kondisi aman.

Baca Juga: Khofifah Segera Realisasikan Asrama Mahasiswa Nusantara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya