Khofifah di Persimpangan Cawapres dan Ketua Timses

Kita tunggu jalan ninjamu Bu Khofifah!

Surabaya, IDN Times - Pendakwah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah mengakui sedang membawa misi khusus dari Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto saat bertemu Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (25/9/2023).

Misi yang dibawa ini mencuat antara tawaran menjadi Tim Pemenangan atau Timses atau Cawapres Prabowo. Namun, Gus Miftah sempat menyebut kalau Khofifah sudah layak untuk menjadi Wakil Presiden (Wapres). 

"Kalau kapasitas, RI 2 ya pantes. Ngomong kapasitas lho ya, kita sebagai orang NU ya dukung ya bangga orang NU jadi Cawapres. Kalau kapasitas pasti ada. Makanya kita doa yang terbaik saja. (Peluangnya ada) InsyaAllah, doain aja," ucap Gus Miftah.

Sementara Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad menilai kalau Khofifah pantas menjadi Ketua Timses Prabowo pada Pilpres mendatang. Mengingat pengalaman Khofifah yang pernah menjadi Timses Jokowi selama dua kali Pemilu.

Bahkan, Sadad menyebut kalau mantan Menteri Sosial itu namanya sudah masuk dalam bursa calon ketua timses. "Khofifah memang ada sebagai salah satu opsi, calon untuk ketua timses," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (26/9/2023).

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim ini menilai kalau Khofifah memang punya kapasitas menjadi Ketua Timses. Baik itu di tingkat nasional maupun di tingkat provinsi dalam hal ini Jatim. Karena punya pengalaman sebagai menteri, gubernur bahkan Ketum Muslimat NU dan PBNU.

"Bu Khofifah itu figur penting untuk kemenangan Pak Prabowo baik di tingkat nasional dan di Jatim. Beliau kenyang pengalaman, jaringan luas, punya basis massa riil Muslimat NU," kata Sadad.

Sementara berdasarkan survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Khofifah menjadi salah satu nama Cawapres yang menonjol di Jatim. Ektebilitasnya 15,5 persen di posisi kedua di bawah Mahfud MD 18,3 persen.

"Selanjutnya elektabilitas Cawapres ada Muhaimin Iskandar 13,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 13,5 persen, Erick Thohir 12,1 persen, dan Sandiaga Uno 10,6 persen," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Senin (25/9/2023).

Namun ketika simulasi digandengkan dengan Prabowo, Khofifah dapat mendongkrak elektabilitas. Simulasi survei ARCI, pasangan Prabowo-Khofifah jadi nomor satu di Jatim dengan perolehan 40,7 perse . Mengungguli Ganjar-Mahfud MD 39,6 persen.

Survei ARCI sendiri dilakukan pada 5-15 September 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Gus Miftah Temui Khofifah, Akui Ada Misi Khusus dari Prabowo

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya