Ketumnya Dilantik Jadi Mendag, PAN Janji Tetap Kritis

Ia dilantik bersama Hadi Tjahjanto

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan akhirnya ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Muhammad Luthfi. Zulkifli menjadi satu dari dua menteri baru yang masuk dalam reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo, Rabu, (15/6/2022). 

Kabar itu pun disambut positif oleh Ketua DPW, PAN Jawa Timur (Jatim), Riski Sadiq. Meski menjadi bagian dari pemerintahan PAN, kata dia, akan tetap kritis.

1. PAN sudah komitmen gabung pemerintah sejak tahun lalu

Ketumnya Dilantik Jadi Mendag, PAN Janji Tetap KritisKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais (kiri) usai membuka Rakernas PAN di Jakarta, Kamis (9/8). Dalam rakernas tersebut PAN secara resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Riski mengatakan, sejak tahun lalu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN bahwa sudah bergabung dengan pemerintah. PAN aktif memberikan gagasan maupun pikiran kepada Presiden. "Kalau yang dibutuhkan kontribusi secara langsung dengan gabung kabinet, kita (PAN) sudah siap," ujarnya saat ditelepon IDN Times, Rabu (15/6/2022).

"Kalau sekarang ada InsyaAllah ada reshufle dan PAN diminta kirimkan wakilnya, dalam hal ini Pak Zulkifli Hasan ya Alhamdulillah, kita dukung. InsyaAllah PAN bisa kontribusi kepada pemerintah," dia menambahkan.

2. Janji tetap kritis dan sampaikan gagasan ke Presiden secara langsung

Ketumnya Dilantik Jadi Mendag, PAN Janji Tetap KritisKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Nah, nantinya PAN akan tetap kritis kepada pemerintah jika memang ada kebijakan yang tidak prorakyat. Meski, ada ketumnya yang berada di kabinet atau pemerintahan. "Mendukung itu bukan berarti ada keputusan kurang pas kita dukung. Kita memberikan gagasan, pikiran dan usul versinya PAN," kata dia.

Justru, sambung Riski, ketika PAN ada di pemerintahan dalam hal ini kabinet, maka akan lebih mudah memberikan masukan ke Presiden. "Tidak selalu di media, dalam ruang rapat, tapi bisa langsung disampaikan kepada (Presiden). Gagasan dan pikiran mudah-mudahan mewarnai bahan diskusi," imbuhnya.

Lebih lanjut, ditunjuknya Zulkifli, kata Riski, tidak akan mengganggu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dideklarsikan oleh PAN, Partai Golkar dan PPP baik di cabang hingga pusat. "Gak ada persoalan, karena KIB juga di pemerintahan. Ini justru akan menguatkan koalisi," dia menegaskan.

KIB, lanjut dia, dibentuk dengan rencana jangka panjang untuk membangun bangsa negara tanpa mengedepankan kepentingan ego masing-masing partai.

Baca Juga: [BREAKING] Akan Dilantik Jadi Menteri Jokowi, Zulkifli Hasan Tiba di Istana 

3. Zulkifli dan Hadi Tjahjanto dilantik hari ini

Ketumnya Dilantik Jadi Mendag, PAN Janji Tetap KritisKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Nama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) dilantik menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju hari ini, Rabu (15/6/2022). Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan Sofyan Djalil.

Baca Juga: Profil Zulkifli Hasan yang Bakal Jadi Mendag Gantikan M Luthfi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya