Ketum IDI Ngaku Belum Tahu Jerinx Bebas, Tapi Titip Pesan Ini

Intinya saling menghargai

Surabaya, IDN Times - Drummer Superman is Dead (SID), I Gede Ari Astina alias Jerinx resmi bebas dari penjara, Selasa (8/6/2021). Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih mengaku belum tahu. Dia hanya menghormati proses yang berjalan.

"Saya belom tahu itu, tapi kan sudah divonis, ya saya sebenarnya itu serahkan semua ke penegak hukum," ujarnya saat di Kantor DPW NasDem Jatim, Selasa (8/6/2021).

1. Titip untuk saling menghargai

Ketum IDI Ngaku Belum Tahu Jerinx Bebas, Tapi Titip Pesan IniDrummer Superman is Dead I Gede Ari Astina alias Jerinx berpose sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Selasa (3/11/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Meski belum tahu bebasnya Jerinx, Daeng titip pesan kepada masyarakat dan tenaga kesehatan (nakes) agar saling menghargai. Bukan malah berpolemik. Karena semuanya saling membutuhkan satu sama lain.

"Itu harus bersama-sama mutualisme, mana ada masyarakat yang tidak butuh pelayanan yang dikerjakan oleh nakes. Saya ingin tanya mana masyarakat yang tidak butuh pelayanan kesehatan," katanya.

"Kemudian yang dilayani oleh tenaga kesehatan itu pasti masyarakat, ndak. Bisa masyarakat sama nakes dipisahkan. Kan nggak bisa, harus bersama," dia melanjutkan.

Baca Juga: [BREAKING] Jerinx Divonis 1,2 Tahun Penjara

2. Karena menghargai menjadi kunci

Ketum IDI Ngaku Belum Tahu Jerinx Bebas, Tapi Titip Pesan IniNora Alexandra dan Jerinx (instagram.com/ncdpapl)

Apabila bisa saling bersama-sama dan menghargai, kata Daeng, nantinya masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Begitu juga sebaliknya, pemberi pelayanan akan bekerja dengan maksimal karena mendapat kepercayaan.

"Hanya itu kuncinya, kalau itu tidak dipahami selamanya benturan seperti kasus ini terjadi. Kalau kami tidak terlalu mendorong ke masalah hukumnya tapi penyadaran bahwa kita harus saling menghargai itu penting," tambahnya.

3. Boleh kritik tapi tetap dalam koridor menghormati satu sama lain

Ketum IDI Ngaku Belum Tahu Jerinx Bebas, Tapi Titip Pesan IniInstagram.com/jrxsid

Daeng pun mengingatkan kalau dalam demokrasi harus saling menghargai dan menghormati. Saling memberikan nasihat maupun koreksi boleh tapi tetap dalam koridor saling menghargai dan menghormati. Karena masing-masing pihak saling membutuhkan selamanya.

"Misalnya Jerinx sakit, terus gak membutuhkan yang beri pelayanan untuk mengobati. Nggak mungkin. Kita ini makhluk sosial yang satu sama lain membutuhkan. Dokter, tenaga kesehatan kalau nggak kerja sama masyarakat, sapa yang mau dilayani, sama kan," jelas dia.

Baca Juga: Akhirnya Jerinx 'SID' Bebas dari Penjara Hari Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya