Keren! Ayah dan Anak Lulus Bareng dari ITS

Mendapat predikat memuaskan

Surabaya, IDN Times - Seorang ayah dan anak yang menempuh pendidikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkesempatan lulus bareng pada gelaran Wisuda ke-128 ITS, Minggu (24/9/2023). Ialah Mochamad Sahal dan Muhammad Usama Sahal. 

Putra Sahal, menyelesaikan masa studi sarjananya di Departemen Teknik Elektro (DTE) ITS dalam delapan semester. Sementara Sahal sendiri karena baru menyelesaikan perjalanan akademiknya dengan sidang doktor tertutup pada 29 Juli lalu. 

Lewat pencapaian ini, Sahal berhasil meraih gelar doktor dari program doktor DTE ITS dengan pencapaian prestasi akademik yang cemerlang, yakni dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 3,93. Disusul oleh sang putra yang berhasil menyelesaikan program sarjana dengan IPK sebesar 3,46. 

Meski sama-sama mendapatkan nilai yang sangat memuaskan, Sahal mengungkapkan bahwa perjalanan mereka banyak hambatan. Selama beberapa tahun masa studinya, dia menjalankan peran ganda sebagai ayah, suami, sekaligus mahasiswa. 

Di tengah kesibukan tersebut, ia juga mengemban tanggung jawab mengajar. Karena Sahal merupakan Dosen DTE ITS. Kehidupan gandanya sebagai pelajar dan pendidik menjadi sebuah tantangan yang dihadapinya dengan tekad dan semangat.

Tak hanya itu, dalam tahap akhir studinya bersama putra tercintanya, ayah empat anak ini merasa belum mampu memberikan dukungan sepenuhnya kepada Usama, panggilan akrab anaknya, dalam menyelesaikan tugas akhir. “Bisa lulus bareng ini pun sebenarnya bisa dibilang mukjizat, karena banyak kendala dalam beberapa hal,” ujarnya, Senin (25/9/2023).

Dalam suasana yang penuh haru dan rasa bangga, ayah dan anak yang memiliki kecintaan mendalam pada kesenian ini merasa sangat bersyukur. Seluruh keluarga dan kerabat mereka juga ikut berbagi kebahagiaan atas pencapaian luar biasa ini. 

Sahal berharap agar masa depannya dan juga putra semata wayangnya dipenuhi dengan kemudahan dalam perjalanan karir, penelitian, serta studi yang akan mereka jalani. Sahal menekankan kepada semua orang, agar tidak pernah berhenti berusaha dan berdoa. 

“Karena kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tetapi melalui tekad dan upaya yang gigih. Jangan takut untuk menghadapi tantangan dengan keyakinan dan semangat yang membara," pungkas Sahal.

 

Baca Juga: ITS Daftarkan Nama Merek ITS University ke Kemenkumham

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya