Comscore Tracker

Kelebihan Kapasitas, 89 Napi Rutan Medaeng Dipindah ke Lapas Pamekasan

Medaeng kelebihan 300 persen penghuni

Surabaya, IDN Times - Jumlah narapidana (napi) di Rutan Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo terus membludak. Pihak rutan pun secara bertahap mulai memindahkan napinya. Sebanyak 89 napi dipindah ke Lapas Pamekasan pada Selasa (20/4/2021).

1. Rutan alami kelebihan kapasitas lebih dari 300 persen

Kelebihan Kapasitas, 89 Napi Rutan Medaeng Dipindah ke Lapas PamekasanPetugas Rutan Medaeng saat memeriksa pil koplo yang dikemas bumbu pecel. Dok. Humas Kemenkumham Kanwil Jatim

Kepala Rutan Kelas 1 Surabaya, Hendrajati membenarkan bahwa alasan pemindahan napi lantaran kelebihan kapasitas. Data Kanwil Kemenkumhan Jatim, penghuni lapas mencapai 1.935 napi per 13 April 2021. Padahal kapasitasnya hanya 504 napi.

"Rutan Surabaya telah mengalami over kapasitas lebih dari 300 persen" ujarnya.

Baca Juga: Hasil Coblosan:  TPS Rutan Medaeng Sepenuhnya Mendukung Jokowi-Amin

2. Dari 89 yang dpindah, 60 ke Lapas Narkotika dan 20 ke Lapas Kelas II A Pamekasan

Kelebihan Kapasitas, 89 Napi Rutan Medaeng Dipindah ke Lapas PamekasanPenggeledahan Lapas Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Selasa (6/4/2021). Dok. Humas Kemenkumham Jatim

Menurut Hendrajati, 89 napi yang dipindah ke Lapas Pamekasan tidak dijadikan satu di lapas yang sama. Ia merinci, 60 napi dipindah ke Lapas Narkotika dan 29 napi sisanya ke Lapas Kelas IIA Pamekasan.

"Pemindahan tadi dilaksanakan menggunakan tiga bus rombongan dengan pengawalan ketat petugas pemasyarakatan," tambahnya.

3. Pemindahan rutin dilakukan tiap dua pekan

Kelebihan Kapasitas, 89 Napi Rutan Medaeng Dipindah ke Lapas PamekasanIDN Times/Abraham Herdyanto

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Sukarna mengatakan, pemindahan napi ke lapas rutin dilaksanakan Rutan Surabaya setiap dua minggu sekali. Karena ada 100 tahanan baru yang dilimpahkan Kejaksaan Negeri Surabaya dan Kejaksaan Negeri Tanjung Perak tiap pekan.

"Makanya kami melakukan pemindahan untuk menyesuaikan dengan kapasitas yang ada di dalam Rutan Surabaya," pungkasnya.

Baca Juga: Penggeledahan Lapas Medaeng, Ada Ponsel Hingga Korek Api

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya