Kelakar Zulhas Soal Salat, Timprov AMIN Jatim: Gak Bahaya Ta?

Sarankan klarifikasi

Surabaya, IDN Times - Pernyataan Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan terkait salat sedang viral di media sosial. Dalam video tersebut, Zulhas--sapaan karibnya- menyinggung soal ibadah dalam hal ini salat.

"Saya keliling daerah, Pak Kiai. Sini aman, Jakarta nggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca, 'waladholin... ', Al-Fatihah baca 'waladholin..' Ada yang diem sekarang, pak. Lho kok lain," ujar Zulhas.

"Ada yang diem sekarang banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu," imbuhnya. 

Tidak hanya itu, candaan Zulhas masih berlanjut. Menurutnya, sekarang orang kalau takhiyatul akhir, harusnya jari telunjuknya menunjuk satu jari saja, tapi sekarang menunjuk dengan dua jari.

"Itu kalau takhiyatul akhir pak yai, kan gini (memeragakan 1 jari telunjuk), sekarang banyak gini pak (memeragakan 2 jari, telunjuk dan tengah) hehe.. Itu teman-teman begitu pak. Saking apa itu ya..." canda Zulhas. 

Ternyata, kelakar Zulhas tentang salat itu disampaikan ketika ia memberikan sambutan dalam acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia di Semarang, Selasa (19/12/2023) lalu. Candaan ini pun ditanggapi Jubir Timprov Anies Muhaimin (AMIN) Jatim, Fauzan Fuadi.

"Tidak lucu ya.. tidak sepatutnya," tegas Fauzan, Rabu (20/12/2023)

Politisi PKB itu menyayangkan aksi candaan tersebut sembari berharap yang bersangkutan segera klarifikasi maksud yang disampaikannya. "Sepertinya beliau harus segera klarifikasi maksut dari candaannya tersebut," kata dia.

Fauzan menegaskan, ibadah mahdah seperti salat bukan hal untuk dibuat bahan candaan. "Salat kok dibecandain. Gak bahaya tah?" ucap dia.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Ajak Kader Artis PAN Jajal Kereta Cepat ke Bandung

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya