Kekeringan Landa Situbondo, BPBD Jatim Pasok Air Bersih

Beberapa kawasan memang jadi langganan tiap tahun

Situbondo, IDN Times - El Nino mulai dirasakan warga di Situbondo terutama di Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh. BPBD Jawa Timur (Jatim) pun memasok air bersih ke sana.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan, pihaknya tidak sekadar droping air bersih ke Situbondo. Tapi juga melakukan assessment. Nah, dari assessment yang dilakukan, kekeringan yang melanda warga yang bermukim di ketinggian ini memang selalu terjadi setiap datangnya musim kemarau.

Untuk tahun ini, kata Gatot, ada sebanyak 937 KK atau sekitar 1.391 jiwa yang terdampak kekeringan. Jumlah itu tersebar di beberapa titik di Dusun Sokaan Utara, mulai Wilayah Barat, Tengah dan Selatan. "Sehingga, droping air bersih di Desa Gunung Putri dilakukan dua kali dengan dua lokasi berbeda," kata dia, Rabu (2/8/2023).

Droping air bersih ini sudah berjalan sejak Juli. Selama Bulan Juli lalu, BPBD Jatim berkolaborasi dengan BPBD Situbondo telah melakukan droping air bersih secara rutin di empat desa. Yakni, Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh, Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan, Desa Jatisari Kecamatan Arjasa dan Desa Sumberanyar kecamatan Banyuputih.

"Untuk Bulan Agustus ini, rencananya, akan ditambah sasarannya, yakni, Desa Plalangan Kecamatan Sumber Malang," kata Gatot.

Baca Juga: El Nino Mulai Dirasakan di Jatim, Suhu Lebih Panas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya