Kebakaran Bukit Teletubbies, Pemprov Upayakan Water Bombing

Masih ada titik dan bara api

Surabaya, IDN Times - Kebakaran di Bukit Teletubbies Gunung Bromo belum sepenuhnya padam. Berdasarkan laporan yang diterima Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansan, ada beberapa titik api menyala di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Khofifah memastikan seluruh personel tim dari BPBD maupun unsur terkait berusaha keras memadamkan titik api di padang savana Bukit Teletubbies. Dia mengaku memantau pemadaman secara langsung via helikopter pada Sabtu (9/9/2023).

"Upaya pemadaman akan terus dilakukan hingga semua titik api benar-benar dipastikan telah seluruhnya padam," tegas Khofifah, Minggu (10/9/2023).

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim juga berkoordinasi langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dapat segera dilakukan upaya pemadaman melalui teknik water bombing via helikopter milik BNPB. 

"Kami juga sudah minta kepada Kepala BNPB agar hari ini helinya bisa dikirim ke Bromo, tapi karena ada titik api baru di Arjuno, maka helinya masih melakukan pembasahan dan pemadaman di Arjuno," katanya.

Saat ini ada dua helikopter yang dikerahkan BNPB untuk penanganan karhutla di Arjuno. Namun karena ada titik api baru di kawasan Arjuno maka dua helikopter tersebut masih konsentrasi untuk melakukan pemadaman dan pembasahan di Gunung Arjuno.

Untuk itu, dengan masih adanya titik api di Bromo, Khofifah meminta Kepala Balai Besar TNBTS segera berkirim surat kepada BNPB agar bisa menggerakkan helikopter yang sekarang posisinya ada di basecamp Kaliandra di Pasuruan. Sehingga helikopter yang ada dapat segera digeser ke Bromo.

"Pengisian bahan bakar helikopter ada di Kaliandra sehingga jika ada permintaan, helikopter bisa bergerak ke Bromo sehari setelah surat dikirimkan. Jadi saya telah berkoordinasi dan meminta BNPB agar satu dari dua helikopter itu bisa segera dikirim ke Bromo untuk penanganan karhutla," katanya.

Jika sudah ada surat permintaan, sambung Khofifah, maka salah satu helikopter di Kaliandra tersebut bisa langsung tiba dan segera melakukan pemadaman maupun pembasahan di lokasi karhutla di wilayah Bromo.

"Jadi InsyaAllah helikopternya besok sudah bisa ke Bromo. Tim di sini akan memaksimalkan pencarian sumber air sebagai sumber pengisian pelaksanaan water bombing," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, padang savana di Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies mengalami kebakaran setelah dipicu oleh percikan api dari flare yang digunakan oleh salah satu pengunjung saat melakukan pemotretan prewedding pada Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: 7 Penginapan Dekat Wisata Gunung Bromo, Bisa Lihat Bromo dari Sini!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya