Kapal Sumber Mas dengan 15 ABK Hilang di Perairan Masalembu

Sedang dalam pencarian Basarnas

Sumenep, IDN Times - Sebanyak 15 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Putra Sumber Mas dilaporkan hilang di perairan laut utara Dungkek, Sumenep pada Sabtu (6/1/2024). Kantor SAR Surabaya pun mengerahkan dua kapal, yaitu KN SAR 249 Permadi dan RIB 01 untuk pencarian.

Adapun nama kelimabelas ABK kapal Putra Sumber Mas ini, yaitu Rohmat Mustakim selaku Nahkoda kapal, Ubaid, Andriko, Suburno, Anton, Nizar, Kasno, Fauzi, Slamet, Budi, Rosid, Mul, Bidin, Nyamek, dan Drajat.

1. Kerahkan KN dan kapal cepat sisir laut utara Madura

Kapal Sumber Mas dengan 15 ABK Hilang di Perairan MasalembuKantor SAR Surabaya mengerahkan dua kapal untuk mencari 15 orang ABK Kapal Putra Sumber Mas di perairan laut utara kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep, pada Senin (22/1/2024).

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, Mahmud Afandi mengatakan KN SAR 249 Permadi dengan 13 ABK dan tiga rescuer bertolak dari Pelabuhan Kalianget menuju ke daerah pencarian, dengan menempuh jarak sekitar 32 mil laut dan waktu tempuh 2 jam.

"Area yang disisir KN SAR 249 Permadi sekitar 22,04 mil laut. Luas area pencarian ini ditentukan melalui aplikasi SAR Map Prediction," ujarnya, Senin (22/1/2024).

Pada saat yang bersamaan, Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan satu SRU air lagi dari Unit Siaga SAR Sumenep dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) atau kapal cepat, dengan luas area pencarian sekitar 5,4 mil laut.

"Dalam operasi SAR kapal Putra Sumber Mas ini, tim Unit Siaga SAR Sumenep menjadi tim aju yang Kami kerahkan untuk melakukan assesment pada hari pertama setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut," kata Mahmud.

Tim Unit Siaga SAR Sumenep telah melakukan pencarian dengan menggunakan RIB di area seluas 9 mil laut. Namun karena terkendala cuaca buruk di perairan laut utara Madura, upaya pencarian ini belum membuahkan hasil.

Baca Juga: Pencarian Sepekan, 8 ABK Hilang di Sumenep Belum Ditemukan

2. Libatkan kapal lain, kepolisian hingga BPBD setempat

Kapal Sumber Mas dengan 15 ABK Hilang di Perairan MasalembuKantor SAR Surabaya mengerahkan dua kapal untuk mencari 15 orang ABK Kapal Putra Sumber Mas di perairan laut utara kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep, pada Senin (22/1/2024). Dok. SAR Surabaya.

Tidak hanya melakukan penyisiran laut dengan menggunakan RIB dan KN SAR Permadi, upaya pencarian juga dilakukan dengan melaksanakan pemapelan dan berkomunikasi dengan kapal yang melintas di sekitar area pencarian. 

"Kemarin tim kami lakukan komunikasi dengan TB. Oscar dan Kapal Cargo via Marine Chanel untuk menyebarkan berita tentang Kapal Putra Sumber Mas dengan harapan kapal yang melintas juga ikut membantu lakukan pemantauan dan pencarian saat mereka berlayar," jelas Mahmud.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, proses pencarian kelima belas ABK kapal Putra Sumber Mas ini juga melibatkan peran dari tim Satpolairud Polres Sumenep, LANAL Batuporon, KSOP Kalianget, KSOP Dungkek, KUPP Sapudi, BPBD kabupaten Sumenep dan Jombang, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

3. Kapal berlayar dari Lamongan menuju Masalembu tapi hilang

Kapal Sumber Mas dengan 15 ABK Hilang di Perairan MasalembuKapal di Pelabuhan Lembar. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Berdasarkan informasi yang diterima, Kapal Putra Sumber Mas ini berangkat dari Pelabuhan Brondong Lamongan untuk mencari ikan di perairan laut sekitar Pulau Masalembu, pada Sabtu (6/1/2024).

Setelah melaut selama 14 hari, kapal Putra Sumber Mas kembali ke Lamongan dengan berlayar melewati perairan laut utara pulau Madura, pada Sabtu (20/1/2024). Sekitar pukul 07.30 WIB, kapal mengalami mati mesin karena kemasukan air laut.

Seorang ABK, Ubaid, menginformasikan kejadian ini kepada nakhoda yang tidak berlayar, yang kemudian hal ini diteruskan kepada pemilik kapal dan perhimpunan nelayan Dungkek untuk bantuan pencarian. Karena pencarian tidak membuahkan hasil, maka hal ini dilaporkan ke petugas Satpolairud Polres Sumenep.

Baca Juga: 8 ABK Masih Hilang di Perairan Sumenep

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya