Comscore Tracker

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini Kronologinya

Masih ada tiga ABK yang hilang

Surabaya, IDN Times - Basarnas masih terus menyisir tiga anak buah kapal (ABK) KM Gerbang Samudra 1 yang terbakar dan hanyut di Perarian Karang Jamuang. Namun kronologis kejadian terbakarnya kapal ini masih terus didalami. Hasil sementara, pihak Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya membeberkannya seperti berikut ini.

1. Kapal Gerbang Samudra 1 berangkat pukul 21.00 WIB

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini KronologinyaPT.GERBANG SAMUDRA SARANA

Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Dwi Budi sutrisno, menjelaskan bahwa KM gerbang Samudra 1 dari Surabaya tujuan Banjarmasin berangkat pada pukul 21.00 WIB, Sabtu (1/12). Dia menyebut kapal membawa ratusan penumpang dan sejumlah truk, di antaranya yakni 15 truk besar, 1 tronton, 12 truk sedang, dan 1 kendaraan kecil.

2. Kapal terbakar di bagian depannya

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini KronologinyaDok. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, kapal ini memiliki estimasi waktu sampai di Banjarmasin setelah berlayar 23 jam. Namun, mengalami kebakaran di Karang Jamuang pada pukul 01.00 WIB, Minggu (2/12). "Awal mula terjadinya kebakaran pada bagian depan, setelah itu nahkoda berusaha untuk memadamkan api, tapi api semakin membesar. Oleh karena itu, diambil keputusan untuk melakukan evakuasi," terangnya.

3. Kapal mengirim sinyal SOS dan diterima Kapal Pan Marine 11 kemudian dibantu KM Kumala

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini KronologinyaDok. IDN Times/Istimewa

KM Gerbang Samudra 1 kemudian mengirim sinyal SOS untuk meminta bantuan. Sinyal itu diterima oleh Kapal Pan Marine 11 kemudian dibantu KM Kumala. Seluruh penumpang KM Gerbang Samudra 1 kemudian dievakuasi ke dua kapal itu.

4. Tiga penumpang masih dalam proses pencarian

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini KronologinyaDok. IDN Times/Istimewa

Setelah KM Kumala merapat, penumpang langsung dipindahkan pada pukul 02.35-02.55 WIB. Kemudian pukul 03.00 WIB, berangkat ke Surabaya. Sampai di Pelabuhan Tanjung Perak pukul 07.30 WIB. "Yang 3 penumpang kita masih melakukan pencarian, bisa saya sampaikan sampai saat ini yang jelas dari pihak Syahbandar berusaha mengkonfirmasi dengan pihak terkait dan pemilik kapal agar semua bisa ditangani," terangnya.

Tiga ABK tersebut yaitu Soehaldani, Silka Malal Marifat dan Nurul fadilah. Ketiganya merupakan kadet magang sekolah pelayaran.

5. Kapal-kapal bantuan merapat untuk ikut evakuasi agar Kapal Gerbang Samudra tidak hanyut

Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini KronologinyaDok. IDN Times/Istimewa

Dwi juga menerangkan kondisi evakuasi Kapal Gerbang Samudra 1 saat ini sudah ada kapal-kapal di sekitarnya. "Kami berusaha untuk melakukan penundaan sehingga kapal itu tidak hanyut. Kalau hanyut kan bahaya, sehingga kita berusaha agar kapal itu tidak hanyut ke arah Timur," pungkasnya.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You