Jemaah Masjid Al Hikmah Surabaya Salat Idul Adha Hari Ini

Mengikuti Imam Arab Saudi

Surabaya, IDN Times - Jemaah Masjid Al Hikmah Gayungsari Surabaya melangsungkan Salat Idul Adha pada Minggu (16/6/2024). Pelaksanaan ini lebih ceoat satu hari dibanding ketetapan Pemerintah Indonesia yang akan merayakan hari raya kurban pada Senin (17/6/2024).

IDN Times mengecek langsung lokasi Salat Idul Adha yang digelar di halaman Masjid Al Hikmah Gayungsari sekitar pukul 10.20 WIB. Namun pelaksanaan salat sudah selesai. Takmir maupun jemaah juga tidak ada di lokasi. Hanya tersisa satu satpam dan dua marbot masjid.

Salah seorang marbot yang engga disebut identitasnya membenarkan bahwa memang ada pelaksanaan Salat Idul Adha pada pagi tadi. Saat ini, ia bersama seorang temannya sedang membersihkan terpal yang dipakai alas untuk salat.

"Tadi pagi sudah selesai semua, ini saya bersih-bersih," ujarnya kepada IDN Times.

Lebih lanjut, marbot tersebut tidak berkenan membeberkan lebih jauh terkait pemilihan hari salat yang lebih dulu daripada ketetapan Pemerintah Indonesia. Yang ia ketahui hanyalah penetapan Idul Adha disesuaikan dengan Arab Saudi.

"Kalau sini ikut imam besar Arab Saudi," katanya.

Meski Salat Idul Adha sudah digelar pagi tadi, penyembelihan hewan kurban ternyata masih akan dilaksanakan dua hari lagi. "Kalau penyembelihannya kami itu Hari Selasa," ucap marbot singkat. "Kalau pengin tahu salat dan kutbahnya lihat di YouTube saja," sarannya menambahkan.

Tak lama berselang ada seorang pria memakai baju muslim lengkap dengan peci dan sarung. Pria bernama Yahya itu mengaku jemaah Masjid Al Hikmah Surabaya. Akan tetapi khusus Salat Idul Adha ini, ia mengikuti pemerintah Indonesia.

"Saya jemaah sini, tapi Salat Idul Adha saya ikut besok saja. Ke sini mau minta kupon daging kurban. Ternyata kok masih dipotongnya Selasa," ungkap dia.

Tak lama kemudian, pihak masjid mengunggah Kutbah Salat Idul Adha di kanal YouTube Masjid Al Hikmah Gayungsari Surabaya. Kutbah disampaikan oleh Ustaz Hafidzuddin dengan tema 'Dari Ibadah Haji Menuju Persatuan Hati'.

Baca Juga: Ratusan Warga di Jombang Rayakan Idul Adha Lebih Awal

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya