Jatim Bakal Kerja Sama dengan Prancis, Soal Ekonomi hingga Pariwisata

Emil juga melirik soal fashion

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak menerima Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Febian Panone di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (16/10/2023). Ada sejumlah kerja sama yang dibicarakan dalam pertemuan ini.

"Kami menerima Dubes Prancis, membahas banyak hal," ujar Emil usai pertemuan.

Emil mengklaim kalau Jatim menjadi daerah prioritas di Indonesia. Ada beberapa sektor yang bakal dijadikan prioritas untuk kerja sama. Antara lain, ekonomi, budaya, pariwisata dan pendidikan.

Di luar itu, Emil melirik industri fashion. Mengingat Prancis tersohor dengan industri tersebut. "Prancis adalah kiblat fashion. Kami harap industri mode di Prancis terhadap kain khas Jawa Timur baik itu batik maupun tenun," kata dia 

"Kalau pendidikan (Prancis) tertarik pada SMK. Jaringan hotelier banyak terafiliasi dengan Prancis. Ini menjadi kesempatan untuk siswa SMK," ungkap mantan Bupati Trenggalek ini.

Sementara Febian menyampaikan hal yang sama dengan Emil. Prancis melirik sektor pariwisata, ekonomi kreatif, kebudayaan, kerja sama universitas dan ilmu pengetahuan serta bidang ekonomi. Untuk merealisasikan kerja sama, ia akan lebih intens ke Jatim.

"Saya akan secara rutin ke Surabaya meninjau kembali kerja sama Surabaya dan Jawa Timur," pungkas dia.

Baca Juga: Emil Dukung Putusan MK, Sinyal Gibran Cawapres Prabowo?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya