Ikan Berukuran 4 Kali Tubuh Manusia Ditemukan di Pantai Bambang

Langsung dikubur di lokasi

Lumajang, IDN Times - Masyarakat pesisir Pantai Bambang dikejutkan dengan temuan seekor ikan raksasa, Kamis (11/7). Rupanya ikan ini ialah paus yang terdampar di Dusun Rekasan Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dengan kondisi mati.

1. Paus ditemukan sudah membusuk

Ikan Berukuran 4 Kali Tubuh Manusia Ditemukan di Pantai BambangDok.IDN Times/Istimewa

Warga Dusun Rekesan, Siyo (47) mengaku tahu ikan paus ini saat akan pergi ke sawah yang letaknya dekat dengan pantai dan mencium bau busuk. Ia pun mendekat ternyata menjumpai bangkai ikan paus yang berukuran panjang sekitar 11 meter .

"Selanjutnya temuan tersebut dilaporkan kepada Kepala Dusun Rekasan dan Polsek Pasirian," ujar Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban tertulis.

2. Paus berukuran 4 kali tubuh manusia dikubur di lokasi

Ikan Berukuran 4 Kali Tubuh Manusia Ditemukan di Pantai BambangDok.IDN Times/Istimewa

 

Personel Polsek Pasirian yang mendengar informasi tersebut segera mendatangi lokasi. Setelah berkoordinasi dengan masyarakat, anggota polisi mengajak masyarakat dan satgas keamanan sesa setempat untuk mengubur paus tersebut di lokasi penemuan.

“Melihat kondisi ikan paus yang sudah membusuk tersebut dimungkinkan ikan paus sebesar 4 kali tubuh orang dewas itu sudah mati beberapa hari yang lalu di lautan," kata Arsal.

Baca Juga: 8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusia

3. Penyebab matinya paus masih diselidiki, diduga karena pencemaran

Ikan Berukuran 4 Kali Tubuh Manusia Ditemukan di Pantai BambangDok.IDN Times/Istimewa

 

Bangkai ini, lanjut Arsal, diduga terombang-ambing di lautan tersebut terseret ombak hingga ke pesisir dan terdampar di pantai Bambang. Pihaknya pun mengimbau agar tetap menjaga kelestarian laut, karena jika dilihat sebenarnya paus tersebut bisa tumbuh lebih besar lagi.

"Namun karena pencemaran di lautan mungkin penyebab kematian mamalia terbesar dilautan tersebut. untuk kedepannya marilah kita jaga alam kita agar hal seperti ini tidak terjadi lagi," ungkap Arsal.

“Kami juga tetap akan melakukan penyelidikan tentang sebab-sebab kematian ikan paus tersebut, apakah ada perburuan ikan paus oleh nelayan atau sebab-sebab lain seperti pencemaran di lautan” lanjutnya.

4. Ikan paus miliki panjang 11 meter

Ikan Berukuran 4 Kali Tubuh Manusia Ditemukan di Pantai BambangDok.IDN Times/Istimewa

 

Untuk diketahui ukuran paus yang ditemukan terdampar di Pantai Bambang, Kecamaran Pasirian, Lumajang berukuran panjangnya 11 meter, tinggi 100 cm, Lebar badan 150 cm. Jenis ikan paus belum diketahui dan ditemukan dalam kondisi mati dan sudah membusuk.

Baca Juga: Meski Diprotes, Jepang Lanjutkan Perburuan Ikan Paus untuk Dikonsumsi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya