Hore! Akan Ada Sentra Vaksinasi di 3 Stasiun Ini

Ayo ges, mumpung ada....

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan sentra vaksinasi COVID-19 di stasiun-stasiun naungan Daop 8 Surabaya. Ada tiga stasiun yang telah ditetapkan, saat ini proses penyiapannya masih berjalan.

1. Gubeng proyeksi awal, kemudian Pasarturi dan Malang, di Jember sudah jalan

Hore! Akan Ada Sentra Vaksinasi di 3 Stasiun IniSuasana Stasiun Pasarturi yang berjalan normal, Rabu (21/4/2021). Dok Humas Daop 8

Adapun tiga stasiun yang akan diproyeksikan untuk sentra vaksinasi COVID-19 ialah urabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi dan Malang. Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menyebut salah satu stasiun yakni di Jember sudah menjadi sentra vaksinasi.

"Sudah ada beberapa stasiun yang sudah memiliki fasilitas ini, salah satunya di Jatim adalah di Kabupaten Jember. Untuk langkah awal (di Stasiun Gubeng) akan disiapkan tenaga vaksinator terlebih dahulu dan satu tenaga screening," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Selasa (6/7/2021).

2. Temui kendala karena petugas screening masih jalani isoman

Hore! Akan Ada Sentra Vaksinasi di 3 Stasiun IniEmil Elestianto Dardak. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait kendalanya, Emil membeberkan bahwa sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) di Stasiun Gubeng terpapar COVID-19. Saat ini mereka masih melakukan isolasi mandiri sehingga yang tersisa hanya satu nakes saja.

"Kami sudah berkomunikasi lewat Dinkes Provinsi dan Kota Surabaya dan disambut baik. Memang tenaga kesehatan di Surabaya saat ini semua sedang fokus melakukan vaksinasi massal supaya tercapai targetnya. Apalagi saat ini usia 12 sampai 17 tahun juga bisa divaksinasi," jelas Emil.

Baca Juga: Antrean Antigen di Stasiun Gubeng Membludak, Penumpang Batalkan Tiket

3. Vaksinasi di stasiun andalkan PT KAI

Hore! Akan Ada Sentra Vaksinasi di 3 Stasiun IniVaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Nantinya, lanjut Emil, vaksinasi di Stasiun Gubeng sepenuhnya akan mengandalkan nakes dari klinik KAI. Pelaksanaannya akan diampu puskesmas terdekat di sekitar stasiun. "Oleh karena itu KAI Daop 8 Surabaya akan segera berkoordinasi dengan Kadinkes. Kami akan tembusi dan ikut mengawal," terangnya. Puskesmas terdekat akan memberi supplay vaksinnya.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya