Hari Santri Nasional Jadi Momen Bagi Polisi untuk Dekat dengan Ulama

Instruksi apel pakai peci

Surabaya, IDN Times - Hari Santri Nasional dijadikan momentum keakraban kepada para alim ulama. Seperti halnya dikatakan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, yakni momen bagi polisi untuk dekat ulama dan santri. Dia berharap tema yang diusung di Hari Santri Nasional 2018 'Bersama Santri, Damailah Negeri' dapat memberi semangat Polri menghadapi Pemilu 2019.

Baca Juga: Jokowi Akan Peringati Hari Santri Nasional di Tasikmalaya

1. Energi Hari Santri Nasional harus diserap oleh anggota Polri

Hari Santri Nasional Jadi Momen Bagi Polisi untuk Dekat dengan UlamaDok. IDN Times/ Istimewa

Luki menekankan, bahwa Hari Santri Nasional memiliki energi yang kuat. Maka dari itu, anggota Polri tidak boleh lelah dan bisa belajar dari semangat para santri di momen kali ini. "Ini yang saya sampaikan kepada anggota, supaya energi di Hari Santri ini didapat diisi, didapat tenaga dalam menghadapi kegiatan ke depan, di tahun politik," ujarnya, Senin (22/10).

2. Energi tersebut berupa refleksi resolusi jihad kawal kemerdekaan

Hari Santri Nasional Jadi Momen Bagi Polisi untuk Dekat dengan UlamaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Apel Hari Santri yang dihadiri perwakilan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga sengaja dilakukan untuk merefleksikan perjuangan para santri. Hal ini juga wujud pengakuan negara atas jasa para santi melalui resolusi jihad untuk merebut, mengawal, dan mengisi kemerdekaan.

3. Jajaran Polres di Jatim Diwajibkan isi kegiatan di Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional Jadi Momen Bagi Polisi untuk Dekat dengan UlamaIDN Times/Musthofa Aldo

Luki menginstruksikan kepada seluruh Kapolres jajaran untuk turut memperingati Hari Santri dengan berbagai kegiatan. Seperti halnya, gelar istighosah dan doa bersama, lomba-lomba hafiz, maupun baca Al Quran. "Kami perintahkan seluruh jajaran Polres untuk melakukan apel bersama anggota dengan mengenakan kopyah untuk ikut merayakan," pungkasnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Hadiri Acara Hari Santri Nasional di Tasikmalaya

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya