Gus Kikin Hadiri Kampanye Paslon 02, Sebagai Apa?

Katanya Tebuireng netral

Surabaya, IDN Times - Plt Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim) yang juga Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin menghadiri acara kampanye Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2, Prabowo - Gibran bertajuk Sholawat dan Doa Bersama di Jatim Expo Surabaya, Jumat (9/2/2024). 

Dalam kesempatan ini, Gus Kikin menepis anggapan jika dirinya datang sebagai Pengasuh Ponpes Tebuireng. Ia menegaskan datang sebagai Plt Ketua PWNU Jatim. "Saya sekarang ini sebagai (Plt Ketua) PWNU (Jatim)," ujarnya saat diwawancara usai acara kampanye.

Sementara terkait Ponpes Tebuireng, Gus Kikin menegaskan kalau salah satu ponpes terbesar di Jatim ini netral. Tidak mendukung paslon tertentu sebagai institusi pesantren. Hal ini sesuai dengan maklumat yang diterbitkan pada Rabu (7/2/2024) lalu.

"Institusi Tebuireng dari dulu mutlak, kita tidak berpolitik. Kita lembaga pendidikan, dan kita tidak masuk ke ranah politik," kata dia.

Sementara itu, Juru Bicara Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, Emil Elestianto Dardak menyebut kalau kehadiran Gus Kikin sebagai personal kiai. Ia menyampaikan, Gus Kikin bersama kiai lainnya seperti Gus Ali, Kiai Asep dan Kiai Fuad untuk mendoakan kemenangan paslon Prabowo - Gibran.

"Ya kalau kami menanggapinya adalah bagian doa bersama kami," tegasnya.

Dalam acara ini turut hadir Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran, Khofifah Indar Parawansa serta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara Prabowo maupun Gibran tidak hadir di tengah ribuan pendukung dan simpatisannya di JX Surabaya.

Baca Juga: Tegas! Ponpes Tebuireng Tak Dukung Paslon di Pilpres 2024

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya