Gus Ipul Jadi Mensos, Adi Wibowo Jabat Plt Wali Kota Pasuruan

Jabatan hanya beberapa hari

Pasuruan, IDN Times - Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah dilantik sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini yang mengajukan pengunduruan diri untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim 2024 diusung PDIP dan Partai Hanura.

 

Gus Ipul yang mengemban jabatan sebagai Wali Kota Pasuruan pun secara otomotis harus mundur dari kursi kepala daerah. Kini, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pasuruan.

 

"Wakil wali kota (Adi Wibowo) menjadi Plt (Wali Kota Pasuruan)," ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur (Jatim), Lilik Pudjiastuti kepada IDN Times, Kamis (12/9/2024).

 

Namun, Adi Wibowo menjabat sebagai Plt Wali Kota Pasuruan hanya beberapa hari saja. Karena ia maju sebagai Bakal Calon Wali Kota (Bacawali) Pasuruan didampingi Mokhamad Nawawi. Baslon tunggal dengan 17 parpol pengusung ini akan ditetapkan sebagai paslon oleh KPU daerah setempat pada 22 September.

 

"Ya (Pak Adi Wibowo) jadi Plt Wali Kota Pasuruan sampai harus cuti di masa kampanye," terangnya.

 

Setelah KPU menetapkan Adi Wibowo sebagai Calon Wali Kota Pasuruan di tanggal 22 september, maka untuk selanjutkan akan diberlakukan cuti sebagai Wakil Walikota di luar tanggungan negara hingga 25 November 2024.

 

Untuk mengisi posisi kepala daerah di Kota Pasuruan, maka Pemprov Jatim maupun pemerintah pusat dapat menunjuk pejabat pratama masing-masing untuk diajukan namanya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nantinya, Mendagri menentukan nama yang akan menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pasuruan.

 

"Selama kepala daerah itu mengikuti proses Pilkada 2024, maka akan ditunjuk Pjs," pungkas Lilik.

 

 

Baca Juga: Gus Ipul Jabat Mensos Sebulan, Dapat Pensiun Seumur Hidup?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya