Gunung Bromo Erupsi 5 Kali Hari Ini, Sutopo: Masih Aman dan Menawan

Belum ditutup untuk pariwisata

Surabaya, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) memastikan Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi. Fenomena erupsi di gunung ini dianggap hal wajar, larena memang hampir setiap hari mengalami erupsi secara fluktuatif.

"Aktivitas vulkanik belum membahayakan. Erupsi yang terjadi hanya menyemburkan abu vulkanik dan pasir. Bukan kerikil atau lava pijar yang disemburkan dari kawah Gunung Bromo," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (19/3).

Baca Juga: Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, PVMBG Minta Warga Waspada

1. Hari ini Gunung Bromo ada lima letusan

Gunung Bromo Erupsi 5 Kali Hari Ini, Sutopo: Masih Aman dan MenawanHumas BNPB

Sutopo menjelaskan, pada hari ini (19/3), tepatnya pukul 06.00 - 12.00 WIB terjadi lima kali letusan. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang, hingga tebal dan tinggi 900 - 1.500 meter dari puncak kawah. 

"Ada juga hujan abu di Pos Pengamatan Gunung Bromo. Terdengar suara gemuruh dan dentuman dari kawah," katanya.

2. Status waspada level II

Gunung Bromo Erupsi 5 Kali Hari Ini, Sutopo: Masih Aman dan MenawanHumas BNPB

Saat ini, status Gunung Bromo tetap Waspada level II. Masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Bromo diimbau agar tidak memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif.

"Masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo diimbau menggunakan masker dan kacamata untuk menghindari abu vulkanik," kata Sutopo.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), kata Sutopo, terus memantau aktivitas vulkanik Gunung Bromo. Selain itu, BPBD sekitar Gunung Bromo, seperti BPBD Kabupaten Malang, BPBD Pasuruan, BPBD Lumajang, dan BPBD Probolinggo melakukan langkah-langkah antisipasi jika ada peningkatan status

"BPBD membagikan masker kepada pengunjung," tambah Sutopo.

3. Gunung Bromo belum ditutup untuk pariwisata

Gunung Bromo Erupsi 5 Kali Hari Ini, Sutopo: Masih Aman dan MenawanHumas BNPB

Meski begitu, kata Sutopo, aktivitas wisata di Gunung Bromo berjalan normal. Sebaran abu vulkanik juga belum mengganggu jalur penerbangan, sehingga Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang tetap beroperasi normal.

"Masyarakat tidak perlu takut dengan ada erupsi Gunung Bromo. Justru dapat menikmati erupsi yang tidak ditemukan di semua gunung. Di balik erupsi, sesungguhnya banyak berkah yang ada," terang Sutopo.

4. Gunung Bromo malah lebih menawan

Gunung Bromo Erupsi 5 Kali Hari Ini, Sutopo: Masih Aman dan MenawanHumas BNPB

Tak hanya itu, Senin (18/3) juga terjadi aliran permukaan menyerupai sungai yang melintas Lautan Pasir Bromo. Hujan yang turun di sebelah barat puncak Gunung Bromo, di daerah Pasuruan, mengalir melintasi Lautan Pasir di kawasan Gunung Bromo hingga meresap di ke dalam lautan pasir Bromo.

"Jadi, wisata di Gunung Bromo tetap aman. Jangan takut atau khawatir dengan adanya erupsi. Bromo tetap menawan dan menyimpan penuh kenangan," pungkas Sutopo.

Baca Juga: Gunung Bromo Erupsi, Ini 14 Fakta Uniknya yang Wajib Kamu Tahu!

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya