Gerilya Eri-Armuji: Usai PDIP dan PKB, Kini Daftar Bacawali Demokrat

Selanjutnya PPP, PAN dan Nasdem

Surabaya, IDN Times - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi - Armuji mendaftar sebagai Bakal Calon Wali (Bacawali) Kota Surabaya ke DPC Partai Demokrat Surabaya pada Rabu (8/5/2024). Ini menjadi partai politik (parpol) ketiga tempat pasangan ini mendaftar usai PDIP dan PKB.

Dalam kesempatan ini, Eri mengatakan, langkahnya mendaftar ke Demokrat sebagai salah satu wujud untuk merangkul semua partai di Kota Pahlawan. Rencananya, ia bersama Armuji akan mendaftar ke parpol lain bila sudah membuka pendaftaran Bacawali.

"Kami menjadi satu saudara (bersama Demokrat) menjadi satu kekuatan karena tujuan kita hanyalah satu bagaimana memberikan kebahagian umat Kota Surabaya,” ujarnya.

"Semoga kebersamaan ini bisa semakin membawa kebahagiaan buat rakyar Surabaya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Surabaya,” tambah dia.

Nantinya, lanjut Eri, setelah ke Demokrat dirinya akan mendaftar ke partai lain selanjutnya yakni ke Partai Kebangkitan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

"Dan partai ke Demokrat, yang ketiga setelah PKB dan PDIP. Ketika kami menyerahkan kembali, nanti Insyallah di minggu besok kami juga akan ke PPP, minggu depannya lagi PAN dan Nasdem,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Lucy Kurniasari mengaku telah resmi menerima formulir pendaftaran dari Eri Cahyadi-Armuji. Ia menyebut pendaftaran petahana ini ke partai berlambang bintang mercy telah ditunggu.

"Ini yang kita tunggu-tunggu, Cak Eri dan Armuji sudah mengembalikan formulir yang kita berikan di tanggal 4 Mei 2024, kemudian dikembalikan tanggal 8 Mei 2024,” kata Lucy.

Lucy menegaskan bahwa DPC Demokrat Surabaya akan menutup penjaringan bacakada untuk Pilkada serentak 2024. Ia menyebut hanya Eri-Armuji yang mendaftar di partainya tersebut.

"Nanti kami akan laporkan ke DPP melalui DPD Jatim dan setelah ini kami tutup di penjaringan dan yang mendaftar hanya cak Eri dan cak Armuji. Keduanya daftar sendiri tetapi masih berpasangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Lucy mengungkapkan bahwa alasannya pihaknya hanya memilih Eri-Armuji karena prestasinya membangun Kota Surabaya selama kepimpinanannya selama ini. Ia memastikan, Demokrat akan mendukung keduanya.

“Prestasi tadi kan luar biasa. Sudah aku sebut tiga halaman tadi. Ta sebut siji, survei juga tertinggi gak ada yang lawan. Demokrat pasti akan all out,” tegasnya.

Ia menambahkan setelah ini tim penjaringan bacakada Demokrat Surabaya akan mengajukan ke DPD Jatim. Kemudian direkomedasikan ke DPP Demorkat, lalu akan diumumkna di Juni 2024nanti.

“Tim penjaringan harus melaporkan dan diajukna ke DPD, lalu akhir Mei 2024 ke DPD Jatim. Lalu ke DPP mengeluarkan rekomendasi di bulan Juni 2024,” pungkasnya.

Baca Juga: Survei Pilwali, Popularitas Ahmad Dhani Bisa Tandingi Eri Cahyadi 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya