Gempa Tuban, Sejumlah Fasum dan Rumah di Bawean Terdampak

Mengalami rusak ringan hingga sedang

Gresik, IDN Times - Rentetan gempa terjadi di Tuban, Jumat (22/3/2024). Beberapa gempa dirasakan oleh masyarakat sebanyak tiga kali. Pertama berkekuatan magnitudo 6,0 pukul 11.22 WIB. Kedua magnitido 5,3 pukul 12.31 WIB. Ketiga magnitudo 6,5 pukul 15.52 WIB. 

Ketiga gempa itu berada di timur laut Tuban. Jaraknya antara 130 - 133 km dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT, kedalaman 10 Km. Guncangan gempa dirasakan di Kabupaten Tuban dengan durasi lebih kurang 15 detik. 

Selain di Tuban, guncangan juga dirasakan di daerah lain, seperti Kabupaten Rembang dengan durasi sekira 5 - 20 detik.

Kemudian juga dirasakan di Lamongan, Gresik, Surabaya hingga Pulau Bawean. Terkonfirmasi bahwa ada bangunan rusak di Bawean.

"Di tempat lain, gempa yang juga mengguncang Gresik, menyebabkan rusaknya satu unit masjid Rumah Sakit di Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satriyo Nurseno juga membenarkan adanya masjid roboh akibat gempa yang mengguncang wilayah Jatim. "Lokasi video tersebut berada di Dusun Balibak Gunung, Desa Gunung Teguh, Kecamatan Sangkapura. Masjid Jami'," kata dia.

Tak hanya itu saja, Satriyo membeberkan data bahwa ada bangunan rusak berupa ada satu unit SMAN 1 Sangkapura, Kantor Desa Sungairujing di Kecamatan Sangkapura. Satu SD Muhammadiyah 1 Desa Kotakusuma, dua rumah Desa Dekatagung dan satu ponpes di Desa Sangkapura.

Lebih lanjut di Kecamatan Tambak, Desa Telukjatidawang ada tiga umah rusak ringan. Durrotun (47) salah seorang warga di Kecamatan Tambak, Bawean mengatakan kepanikan warga terasa pada gempa ketiga yang cukup besar goncangannya. 

"Semua masih panik. Ini entah sampai kapan ini di pegunungan," katanya kepada IDN Times.

Baca Juga: Dampak Gempa Tuban, Penjual Takjil di Surabaya Terkena Reruntuhan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya