Gempa Tuban, BMKG Catat Sudah Terjadi 580 Kali

Dirasakan di Bawean

Surabaya, IDN Times - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono membeberkan bahwa gempa bumi magnitudo 5,0 yang berpusat di perairan Tuban pada Rabu (17/4/2024) merupakan bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa Magnitudo 6,0 pada Jumat (22/3/2024).

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 580 aktivitas gempa bumi (selama 22 Maret - 17 April 2024)," ujarnya.

Daryono membenarkan bahwa gempa bumi ini sama seperti gempa bumi sebelumnya yang lebih dekat dengan perairan Gresik, tepatnya Pulau Bawean. Maka dari itu, gempa ini sangat dirasakan oleh warga Bawean.

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bawean dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)," katanya.

Lebih lanjut, Daryono menyampaikan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkas dia.

Baca Juga: Gempa Tuban, Warga Bawean Berhamburan

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya