Gempa Tuban 182 Kali: Ribuan Warga Bawean Mengungsi

Pulau Bawean terdampak paling parah

Gresik, IDN Times - Gempa bumi yang berpusat di lepas pantai Tuban masih terus terjadi. Berdasarkan data BPBD Jawa Timur (Jatim) hingga pukul 18.00 WIB, Sabtu (23/3/2024) telah terjadi sebanyak 182 kali gempa.

Hasil kaji cepat BPBD Provinsi juga menghimpun total jumlah dampak kerusakan akibat gempa. Total sebanyak rumah rusak ringan 1.356 unit, rumah rusak sedang 706 unit, dan rumah rusak berat sebanyak 331 unit.

Selain itu gempa juga membuat rusaknya sekolah sebanyak 62 unit, rumah sakit 5 unit, tempat ibadah 88 unit, dan gedung. Kerusakan itu dirasakan di Bawean Gresik, Tuban Sidoarjo, Pamekasan, Bojonegoro, Lamongan dan Surabaya.

"Namun yang paling parah dilaporkan dampaknya ada di Bawean," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu (24/3/2024).

Maka dari itu, lanjut Muhari, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto akan ke Pulau Bawean untuk meninjau lokasi terdampak bencana gempa bumi hari ini. Dia akan menggunakan helikopter dari Surabaya dengan lokasi pendaratan di Lapangan Sepak Bola, Dusun Tanjunganyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Gresik.

"Lokasi yang nantinya akan dikunjungi Kepala BNPB di Pulau Bawean adalah pengungsian di Desa Suari," kata Muhari.

Selain itu, juga akan meninjau rumah, sarana ibadah, dan fasilitas umum yang terdampak gempa guna melihat kondisi terkini serta memastikan langkah penanganan bencana sudah berjalan dengan baik. Kemudian ke Kantor Kecamatan Sangkapura dan dilanjutkan ke Pelabuhan Umum Bawean. 

Di Kantor Kecamatan Sangkapura saat ini dipakai senagai posko penanganan darurat gempa bumi. Posko ini akan memfasilitasi sejumlah tempat pengungsian di Bawean. Nah, pengungsi terbanyak di Kecamatan Tambak yang berjumlah 5.509 jiwa dewasa, 1.187 lansia, dan 2.952 jiwa pengungsi anak.

Lebih lanjut, Suharyanto juga dijadwalkan mengikuti rangkaian acara Rapat Koordinasi penanganan darurat gempa bumi bersama Bupati Gresik di Kantor Pemerintah Kabupaten Gresik. Nantinya akan memberikan arahan serta penyerahan bantuan secara simbolis. 

Baca Juga: Pasca Gempa, Pemprov Jatim Terjunkan Tim ke Pulau Bawean

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya