Gempa Palu, Pemprov Jatim Gelontorkan Rp5 miliar dan Tenaga Kesehatan

Kodam V Brawijaya siap berangkatkan 1.500 personel

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan menggelontorkan sejumlah bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah. Tak menunggu waktu lama, bantuan tersebut akan dikirim pada Senin (1/10). Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

1. Pemprov kirim bantuan uang sebesar Rp5 miliar

Gempa Palu, Pemprov Jatim Gelontorkan Rp5 miliar dan Tenaga KesehatanIDN Times/Istimewa

Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo mengatakan kalau bantuan berupa uang akan dikirim via transfer. Pemprov rencananya langsung mentransfer sebesar Rp 5 miliar. "Itu sebagaiman permintaan Pak Mendagri. Rencana bantuan hati ini pertama uang dan kedua tentang tenaga tim dokter," ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (1/10).

Baca Juga: Polda Sulteng Dipenuhi 1.682 Pengungsi Korban Gempa Palu

2. Pemprov juga kirim 10 orang tim kesehatan untuk tanggap darurat

Gempa Palu, Pemprov Jatim Gelontorkan Rp5 miliar dan Tenaga KesehatanANTARA FOTO/Akbar Tado

Sementara untuk bantuan kesehatan, Pakde menyampaikan akan mengirim tenaga dokter. Nantinya akan ada dokter umum dan dokter spesialis ortopedi alias tulang. "Ada juga Tagana (Tanggap Siaga Bencana) dari Dinas Sosial. Yang maju ke dana sebagai tim kesehatan ada 10 yang berangkat hari ini," kata Gubernur kelahiran Madiun ini.

3. Kodam V Brawijaya sudah siapkan 1.500 personel untuk bantu Palu dan Donggala

Gempa Palu, Pemprov Jatim Gelontorkan Rp5 miliar dan Tenaga KesehatanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman mengatakan pasukan jajaran kodam V Brawijaya disiapkan nanti kalau sudah ada perintah dari mabes TNI. Pihaknya telah siap berangkatkan, Batalyon Zeni tempur yang memang khusus untuk penanggulangan bencana. "Jadi baik personil maupun logistik sudah siap yang disiapkan tinggal perintahnya tapi 1.500 personel kami siap," pungkasnya.

Baca Juga: Bau Menyengat Iringi Pemakaman Massal Korban Gempa dan Tsunami Palu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya