Gempa Pacitan, BPBD: Tak Ada Kerusakan dan Korban Jiwa

Pacitan masih aman dan nyaman

Pacitan, IDN Times - Kawasan Pacitan diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,9 pada pukul 19.26, Senin (9/1/2023). BPBD Jawa Timur (Jatim) memastikan tidak ada kerusakan maupun korban jiwa dalam gempa yang berpusat di 107 kilometer tenggara Pacitan tersebut.

"Aku di Pacitan aman, tidak ada kerusakan dan korban akibat gempa," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono kepada IDN Times, Selasa (10/1/2023).

Sriyono menyebut, tidak adanya laporan kerusakan maupun korban jiwa dikarenakan gempa yang terjadi terasa kecil. "Iya (terasa kecil)," sebutnya singkat. Kendati begitu, pihaknya tetap mengajak masyarakat waspada. Agar selalu update dengan informasi terbaru yang resmi.

Sebelumnya, warga Desa Donorojo Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Andi Widianto (37) mengaku merasakan gempa saat berada di masjid. Getaran gempa juga dirasakan dalam waktu yang singkat. "Gempa terasa sebentar tapi tidak ada kepanikan. Disini gempa segitu biasa," kata Andi. 

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 107 Km Tenggara Kabupaten Pacitan. Kedalaman gempa 10 kilometer. 

"Gempa Mag:5.9, 09-Jan-2023 19:26:29WIB, Lok:9.15LS, 111.12BT (107 kilometer Tenggara PACITAN-JATIM), Kedlmn:10 Km # " tulis BMKG di akun Twitternya.

Gempa tidak menimbulkan tsunami. Namun, masyarakat tetap diminta untuk waspada. "Disclaimer Dalam beberapa menit pertama setrlah gempa, parameter gemla dapat berubah dan boleh jadi belum akurat kecuali telah dianalisis ulang seismolog," tulis BMKG. 

Baca Juga: Gempa M 5,9 di Pacitan, Warga: Terasa Getaran Tapi Sudah Biasa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya