Gegara Rebana, Pria Ini Ngamuk di Masjid Jambangan Surabaya

Polisi lakukan pertemuan tiga pilar

Surabaya, IDN Times - Seorang pria terekam video sedang mengamuk di salah satu masjid kawasan Jambangan, Surabaya. Pria tersebut marah-marah karena di masjid itu ada kegiatan musik Islami dengan alat rebana.

Dalam video, terlihat seorang pria berjenggot dengan busana baju takwa dan bercelana cingkrang masuk ke dalam masjid dengan mimik wajah kesal. Ia langsung menuju ke beberapa alat musik, yakni rebana, yang tergeletak di dekat tempat imam salat.

Beberapa orang lalu menghampiri. Si pria menyebut bermain musik di dalam masjid sebagai perbuatan munkar. "Enggak ada dalil yang membolehkan memainkan musik di dalam masjid, dalilnya ya munkar. Munkar, demi Allah itu munkar," teriak pria tersebut.

Kapolsek Jambangan, Kompol Novi Herdhyanto mengatakan kejadian itu di Masjid Al Ikhlas kawasan Palm Spring, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya pada Senin (2/10/2023). Aksi pria itu direkam oleh marbot masjid.

"Yang memvideokan itu Pak Sauki (marbot)," ujarnya dikonfirmasi, Kamis (5/10/2023).

Ketika kejadian, Novi mengakui kalau ada laporan yang masuk ke pihaknya. Anggota Polsek Jambangan langsung ke Masjid Al Ikhlas. Lantaran kejadian berlangsung cepat, polisi sudah tidak menjumpai pria yang marah-marah di dalam masjid.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Polsek Jambangan bersama unsur dari tiga pilar melalukan pertemuan di Gedung Club House Palm Spring pada Rabu (4/10/2023). Dalam pertemuan itu disepakati untuk menjaga masjid agar tidak ada kelompok tertentu melakukan pengrusakan.

Baca Juga: Berkah Ramadan, Perajin Rebana Kewalahan Penuhi Pesanan 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya