'Funtrip Kebudayaan', Resep Gairahkan Budaya dan Seni di Jatim

Ada 4 daerah yang akan menjadi sasarannya

Surabaya, IDN Times - Gagasan-gagasan Kepala Dibas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur (Jatim), Sinarta untuk memulihkan kembali seni pertunjukan dan kebudayaan mulai direalisasikan. Dalam waktu dekat, Sunarta melalui Disbudpar akan menggelar 'Funtrip Kebudayaan'.

Nantinya tim dari Disbudpar Jatim akan melakukan perjalanan ke beberapa lokasi-lokasi kesenian dan kebudayaan di Jatim. Setelah itu, mereka akan memberikan informasi tentang kondisi di sana untuk menarik minat calon wisatawan.

1. Setidaknya ada 4 daerah yang menjadi obyek Funtrip

'Funtrip Kebudayaan', Resep Gairahkan Budaya dan Seni di JatimIDNTimes/Holy Kartika

Sinarta menyebut, 'Funtrip Kebudayaan' ini dilakukan untuk mengenali kekayaan budaya di tiap-tiap daerah Jatim. Dari sana akan digali potensi-potensi wisatanya. "Di pariwisata funtrip ini sudah sering dilakukan, tetapi kebudayaan belum,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (16/3/2021).

Tim Disbudpar juga sudah melakukan pemetaan lokasi Funtrip Kebudayaan. Setidaknya ada empat daerah yang memiliki titik-titik kebudayaan yang akan dikunjungi. Daerah-daerah itu antara lain, Pacitan, Banyuwangi, Ngawi hingga Sumenep.

"Pasti ada kantong-kantong budaya yang bisa dipotret untuk disampaikan ke publik sehingga punya dampak pariwisata,” katanya.

Baca Juga: Asal Mula Perang Tomat di Lembang: Kesedihan dan Kesenian

2. Kegiatan kesenian di Jatim sudah waktunya dilakukan kembali, tentu dengan protokol kesehatan

'Funtrip Kebudayaan', Resep Gairahkan Budaya dan Seni di JatimIDN Times/Reza Iqbal

Diakui Sinarta, sampai sekarang gairah kesenian dan kebudayaan di Jatim masih lesu. Terlebih selama setahun belakang, terkena badai pandemik COVID-19. Kebangkitan sektor ini lebih lambat ketimbang bisnis pariwisata yang sudah mulai begeliat.

"Tinggal sisi seni kebudayaan yang belum," ucapnya.

"Jadi rasanya perlu gerakan khusus (funtrip) untuk mengabarkan bahwa kegiatan kesenian pun sudah waktunya dilakukan kembali dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” dia melanjutkan.

3. Akan jadi langkah maju bagi kegiatan seni di Jatim

'Funtrip Kebudayaan', Resep Gairahkan Budaya dan Seni di JatimIDN Times/Reza Iqbal

Jika jadi digelar, ini merupakan langkah maju untuk dunia kesenian dan kebudayaan. Sebab, dalam pernyataan sebelumnya ia menyebut belum menemukan formula untuk menggerakkan lagi kegiatan seni. Sebaliknya, sudah banyak pelaku kesenian yang sudah meminta izin untuk menggelar kegiatan.

Sejauh ini, kegiatan seni sendiri baru diperbolehkan di acara pernikahan. "Untuk mantenan khususnya proses tradisi tidak apa-apa. Untuk tamunya diatur. Termasuk teman-teman Wedding Organizer (WO) sudah paham," ujar Sinarta, Senin, (15/3/2021).

Baca Juga: Mengenal 6 Kesenian Bela Diri Tradisional yang Ada di Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya