Erji Berencana Daftar Bacawali ke Semua Parpol, Golkar Siapkan Bayu

Menantu Pakde Karwo mau tampil nih!

Surabaya, IDN Times - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi - Armuji telah mendaftar ke PDIP sebagai Bacawali - Bacawawali untuk Pilwali Kota Surabaya 2024. Pasangan ini juga berencana mencari tiket yang sama ke partai politik lainnya di Kota Pahlawan.

 

Seolah tak membiarkan adanya calon tunggal, Partai Golkar berencana membuat poros baru untuk pesaing Eri - Armuji. Salah satu kadernya yang juga menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bagu Airlangga mulai disiapkan.

 

Namun kendalanya, partai berlambang pohon beringin ini tidak bisa mengusung sendiri. Harus koalisi. Karena saat ini Golkar memiliki lima kursi di DPRD Kota Surabaya. Perlu lima kursi lagi untuk membuat poros baru.

 

"Kalau disambut oleh partai lain kami bisa mengusung. Karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi, mengingat jumlah kursi kami hanya lima kursi di Surabaya," ujar Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji, Kamis (2/5/2024).

 

"Kami butuh lima kursi lagi untuk mengusung Mas Bayu," tegas Sarmuji menambahkan.

 

Sementara Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi DPD Golkar Jatim, Aan Ainur Rofik menyebut Bayu sosok muda yang potensial untuk memimpin Kota Pahlawan 5 tahun ke depan. Maka perlu dipertimbangkan untuk bisa mengusung pria yang juga Ketua Projo Jatim ini.

 

"Bayu sosok muda, punya jejaring pemerintahan. Bayu juga memiliki visi dan misi ke depan ini, penting menjadikan Kota Surabaya sebagai pusat jasa dan perdagangan pasca perpindahan IKN," kata Aan.

 

Aan mengatakan Bayu punya pengalaman sebagai Anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. Selain itu, Bayu juga memiliki relasi yang baik dengan tokoh-tokoh politik nasional.

 

Lebih lanjut, Aan berharap parpol yang berada di Koalisi Indonesia Maju dalam Pilpres 2024 bisa kembali bersama untuk mengusung calon di Pilkada Surabaya 2024.

 

"Tinggal duduk bersama dengan parpol Koalisi Indonesia Maju, dan saya yakin adanya semangat bersama untuk membawa Surabaya lebih baik ke depannya," ungkapnyam

 

Sebelumnya, nama Bayu Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim masuk bursa cawali Surabaya 2024 menurut survei ARCI. Elektabilitas Bayu itu di angka 8,7 persen.

 

Dalam survei ARCI untuk calon wali kota (cawali) secara keseluruhan, elektabilitas Eri Cahyadi di angka 46,2 persen, Armuji 11,7 persen, Reni Astuti 9,2 persen, Bayu Airlangga 8,7 persen, Hendro Gunawan 7,1 persen.

 

 Musyafa' Rouf 4,2 persen, Lucy Kurniasari 4,1 persen, Adi Sutarwijono 2,7 persen, Cahyo Harjo 1,8 persen, Arif Fathoni 1,3 persen, Erik Komala 0,5 persen, Agus Mashuri 0,3 persen. Ada 2,2 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Elektabilitas Eri Cahyadi Tinggi, Menantu Pakde Karwo Membayangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya