Elektabilitas Kader PDIP Ini Bayangi Petahana di Pilgub Jatim

Bakal jadi opsi nih!

Surabaya, IDN Times - Bursa elektabilitas Bakal Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) memang masih didominasi petahana, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak. Namun ada sejumlah nama yang perlahan elektabilitasnya naik.

Kenaikan elektabilitas Bakal Cagub dan Cawagub Jatim ini terekap dalam hasil survei yang dirilis Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Nah, nama yang melejit yaitu Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo.

1. Elektabilitas Fauzi di Cagub masih jauh dari Khofifah tapi di 3 besar

Elektabilitas Kader PDIP Ini Bayangi Petahana di Pilgub JatimDirektur ARCI, Baihaki Sirajt saat merilis hasil survei terbaru Pilgub Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Berdasarkan simulasi enam nama yang dilakukan ARCI, elektabilitas kader PDIP ini sebesar 11,2 persen. Angka ini menempati posisi ketiga setelah Gubernur Jatim periode 2019 - 2024 Khofifah Indar Parawansa 42,1 persen dan Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad 13,8 persen.

Kemudian ada Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji 10,9 persen, mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7 persen, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah 9,2 persen. Ada 1,1 persen responden yang tidak tahu/tidak menjawab.

"Elektabilitas pak Fauzi cukup bagus baik sebagai Cagub maupun Cawagub," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siratj, Kamis (16/5/2024).

Baca Juga: KPU Pastikan Tak Ada Paslon Independen di Pilgub Jatim 2024

2. Elektabilitas Fauzi sebagai Cawagub bayangi Emil

Elektabilitas Kader PDIP Ini Bayangi Petahana di Pilgub JatimDirektur ARCI Baihaki Sirajt saat rilis elektabilitas Cawagub Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sementara sebagai cawagub, elektabilitas Fauzi naik satu tingkat. Ia menempati posisi kedua di bawah Wagub Jatim periode 2019 - 2024, Emil Elestianto Dardak. Fauzi memperoleh 31,3 persen. Senentara itu Emil 35,7 persen. 

Di bawah Fauzi ada nama kader PKB yang juga mantan Bupati Lumajang Thoriqul Haq 9,1 persen, Mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono 6,6 persen. Lalu ada nama Sekretaris Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah di angka 5,2 persen.

Lebih lanjut ada Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga di angka 4,7 persen, Bupati Trenggalek M Nur Arifin 3,9 persen, dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan 0,7 persen. Sebesar 2,8 persen responden yang belum menjawab/belum menentukan.

3. Fauzi paling moncer daripada kader PDIP lainnya di Jatim

Elektabilitas Kader PDIP Ini Bayangi Petahana di Pilgub JatimWebsite

Melihat fenomena ini, ARCI memotret basis pemilih PDI Perjuangan lebih condong mendukung Fauzi dibanding Nur Arifin dan Hanindhito. Diketahui, ketiganya yang masih menjabi bupati ini merupakan kader PDIP.

Jika sama-sama diusung sebagai cawagub, ada 85 persen pemilih PDI Perjuangan yang memilih Fauzi, 7,5 persen memilih Nur Arifin dan 2,5 persen memilih Hanindhito.

"Arifin dan Dhito ini kan baru jadi diperbincangkan setelah namanya disebut oleh DPD, sedangkan nama Fauzi sudah lebih awal digadang-gadang maju Pilgub Jatim, gambarnya ada dimana-mana," kata Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 1-10 Mei 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error di angka 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Sebanyak 25 persen kuisioner dilakukan quality control.

Baca Juga: Duet Khofifah-Emil Kokoh di Puncak Bursa Pilgub Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya