Elektabilitas Eri Cahyadi Tinggi, Menantu Pakde Karwo Membayangi

Makin sengit nih!

Surabaya, IDN Times - Bursa kandidat yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2024 atau yang lebih dikenal Pemilihan Wali Kota (Pilwali) terus bermunculan. Elektabilitas petahana tetap menjadi teratas. Namun ada sejumlah nama baru yang patut diperhitungkan.

 

Terbaru, Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas nama yang digadang-gadang maju di Pilwali Kota Surabaya 2024. Ada nama petahana Eri Cahyadi maupun Armudji. Tapi juga ada nama menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bayu Airlangga. 

 

 

"Elektabilitas Eri Cahyadi teratas. Sebagai petahana sudah di atas 40 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Kamis (25/4/2024).

 

Diketahui, hasil survei ARCI elektabilitas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di angka 46,2 persen, Wakil Wali Kota Armudji 11,7 persen, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti 9,2 persen, menantu Pakde Karwo yang juga Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga 8,7 persen, 

 

Kemudian mantan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan 7,1 persen, Ketua PKB Surabaya Musyafa' Rouf 4,2 persen, Ketua Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari 4,1 persen, Ketua DPRD Surabaya yang juga Ketua PDIP Surabaya Adi Sutarwijono 2,7 persen.

 

Lebih lanjut, Ketua Partai Gerindra Surabaya Cahyo Harjo 1,8 persen, Ketua Partai Golkar Surabaya Arif Fathoni 1,3 persen, Ketua PSI Surabaya Erick Komala 0,5 persen dan Bendahara PPP Jatim Agus Mashuri 0,3 persen. Sementara ada 2,2 persen responden yang belum menentukan pilihan.

 

Baihaki menyebut tingginya elektabilitas Eri dipengaruhi faktor kepuasan warga Surabaya atas kinerja Eri selama hampir 4 tahun memimpin Kota Pahlawan. "Selain petahana, secara kepuasan, warga Surabaya 65 persen mengaku puas dengan kinerja Eri Cahyadi," jelasnya.

 

Tak hanya survei elektabilitas Calon Wali Kota Surabaya saja, ARCI juga membeberkan hasil elektabilitas Calon Wakil Wali Kota Surabaya. Armudji berada di urutan teratas di angka 37,8 persen. 

 

Kemudian Reni Astuti 17,5 persen, Bayu Airlangga 14,4 persen, Musyafa' Rouf 8,5 persen, Cahyo Harjo 7,8 persen, Arif Fathoni 4,8 persen, Erick Komala 3,1 persen, Agus Mashuri 2,7 persen. Ada 3,4 persen responden belum menentukan pilihan.

 

"Jika pecah kongsi dengan Armudji, Eri Cahyadi masih cukup kompetitif di Surabaya. Ada Bayu Airlangga dan Reni Astuti yang cukup kompetitif untuk mendampingi Eri Cahyadi," jelasnya.

 

Survei ARCI dilakukan pada 15-21 April 2024. Survei ini dilakukan di 31 kecamatan. Total ada 1.200 responden, dengan tingkat margin of error di angka 2,8 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.

 

Baca Juga: Golkar Surabaya Rekom Eri Maju Pilwali 2024

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya