DPRD Jatim Belum Punya Pimpinan Tetap, Baru Golkar yang Ajukan

Lainnya ke mana nih?

Surabaya, IDN Times - DPRD Jawa Timur (Jatim) periode 2024 - 2029 belum memiliki pimpinan tetap alias definitif. Saat ini masih dinahkodai Ketua DPRD Jatim sementara, Anik Maslachah. Padahal pelantikan terhadap para legislator telah digelar sejak akhir Agustus.

Anii membeberkan hingga kini hanya satu partai politik (parpol) yang mengajukan mama calon pimpinan definitif DPRD Jatim. Ialah Partai Golkar yang menyodorkan nama Blegur Prijanggono.

"Baru Partai Golkar yang sudah mengajukan nama calon pimpinan definitif, yaitu Blegur Prijanggono," ujar Anik, Rabu (11/9/2024).

Penunjukkan Blegur Prijanggono sebagai pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur berdasarkan surat keputusan DPP nomor B.45/DPP/Golkar/IX/2024 tertanggal 8 September 2024 dan ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan Sekjen M Sarmuji.

Sedangkan empat parpol lain yang juga mendapat jatah pimpinan belum mengajukan nama. Empat parpol tersebut di antaranya, PKB, PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Anik menyebut kalau hal itu ranah DPP parpol.

"Ini memang ranahnya DPP partai politik, sehingga kami hanya bisa mendorong melalui surat ke masing-masing partai supaya secepatnya mengusulkan nama calon pimpinan definitif," jelasnya.

Usulan nama calon pimpinan definitif dari masing-masing parpol peraih kursi terbanyak nomor satu hingga kelima akan ditetapkan melalui rapat paripurna. "Proses selanjutnya, nama-nama tersebut kami usulkan ke Mendagri untuk dikuatkan SK. Setelah SK Mendagri turun baru dilantik," terangnya.

Meski demikian, pihaknya akan berupaya mempercepat terbentuknya pimpinan definitif. Salah satunya proses administrasi tidak harus menunggu nama-nama yang diusulkan parpol lengkap. Cukup nama ketua DPRD dan satu wakil ketua DPRD.

Sesuai rencana, paripurna penetapan nama-nama usulan calon pimpinan definitif akan digelar antara Kamis (12/9/2024) atau Jumat (13/9/2024). Setelah ada pimpinan definitif, maka pembentukan Panitia Khusus Peraturan Tata Tertib DPRD Jatim tidak ditunda lagi.

Baca Juga: Panen Raya, Harga Cabai di Jatim Turun

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya