Dear Orang Baik, Kirim Bantuan Semeru Lewat Ekspedisi Ini Gratis!

Disarankan kirim bantuan kebutuhan dasar

Surabaya, IDN Times - Jumlah warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Hal ini yang membuat masyarakat ingin menyalurkan bantuan. Namun tak jarang ada masyarakat yang bingung menitipkan bantuannya lantaran tak bisa menyalurkan langsung ke lokasi.

Nah, untuk memfasilitasi ini, perusahaan jasa pengiriman, Jagad Total Logistic (JTL) Express memberikan kemudahan penyaluran barang bantuan untuk korban erupsi Semeru secara cuma-cuma alias gratis. Program ini merupakan wujud kepedulian dan simpati terhadap korban bencana.

"Saudara-saudara kita yang ada di wilayah Semeru dan sekitarnya tentu membutuhkan uluran tangan dan kepedulian dari kita semua," ujar Owner JTL Express, Aan Purnomo.

1. Bantuan bisa dikirim via gerai JTL Express Indonesia

Dear Orang Baik, Kirim Bantuan Semeru Lewat Ekspedisi Ini Gratis!Suasana Gelora Wira Bhakti, Lumajang, Jawa Timur yang dijadikan sebagai pusat bantuan sosial bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan, dapat menyampaikan langsung ke seluruh gerai dan titik layanan agen JTL Express di seluruh Indonesia. Nantinya, barang bantuan yang terkumpul akan dikirim ke Cabang JTL lumajang yang berikutnya akan di didistribusikan ke titik-tituk korban bencana.

"JTL Express cabang Lumajang bekerjasama dengan Kadin Lumajang mendirikan posko bantuan di lokasi bencana. Masyarakat juga bisa memberikan rekomendasi titik mana yang membutuhkan bantuan," kata Aan.

Baca Juga: Dukcapil Terbitkan 960 Dokumen Pengganti bagi Korban Erupsi Semeru

2. Sarankan beri bantuan kebutuhan dasar

Dear Orang Baik, Kirim Bantuan Semeru Lewat Ekspedisi Ini Gratis!Suasana Dusun Kamar Kajang, Desa Sumber Wuluh sekitar Gunung Semeru setelah erupsi pada Jumat (10/12/2021). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Bantuan yang bisa dikirimkan, lanjut Aan, bisa berupa barang apa saja asalkan bukan makanan yang mudah busuk. Volume pengiriman juga tidak dibatasi. Namun informasi dari lapangan, kebutuhan dasar dan prioritas yang saat ini sangat dibutuhkan.

"Antara lain sembako, obat-obatan, terpal, pembalut wanita, alas tidur, serta baju layak pakai," ungkap Aan.

3. Jumlah pengungsi saat ini 9.188 orang

Dear Orang Baik, Kirim Bantuan Semeru Lewat Ekspedisi Ini Gratis!Suasana Gelora Wira Bhakti, Lumajang, Jawa Timur yang dijadikan sebagai pusat bantuan sosial bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah warga yang mengungsi sebanyak 9.188 orang. Terdiri dari 4.435 laki-laki dan 4.683 perempuan. Para penyintas tersebar di 115 pos pengungsian di Lumajang. Ada pula dua pos pengungsian di Malang dan satu pos pengungsian di Probolinggo.

Baca Juga: Korban Meninggal Erupsi Semeru Kini 46 Orang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya