Dear Jemaah Haji: Harus Jaga Kondisi karena Suhu di Arab Capai 45°C

Semoga mabrur, Aamiin!

Surabaya, IDN Times - Jemaah haji asal Jawa Timur (Jatim) mulai diterbangkan ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Para jemaah pun mendapatkan sosialisasi untuk menjaga kondisi tubuhnya saat di sana. Sebab, kondisi cuaca di Arab Saudi sedang panas-panasnya.

Fakta panasnya Arab Saudi ini dibeberkan langsung oleh Tenaga Ahli Menteri Agama, Hasanuddin Ali saat hadir dalam acara pemberangkatan jemaah haji kloter I di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Rabu (24/5/2023). Dia menyebut kalau suhu di sana mencapai 45 derajat celcius.

"Saya berpesan agar jemaah haji selalu memperhatikan aspek kesehatan. Jangan terlalu memaksakan dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah. Terlebih dengan kondisi cuaca di Arab Saudi yang saat ini berkisar antara 40-45°C," ujarnya.

Hasanuddin Ali juga mengatakan, pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi para jemaah. Maka, mereka diminta untuk jangan sungkan untuk berkonsultasi jika ada keluhan.

Diketahui ada sebanyak 445 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Bangkalan yang tergabung dalam kloter 1 embarkasi Surabaya yang sudah diberangkatkan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya jemaah terdiri atas 220 pria dan 225 perempuan.

Keberangkatan jemaah pada kloter pertama ini menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 yang bermuatan 450 kursi. Pesawat dijadwalkan take-off pukul 09.15 WIB. Nah, lima kursi yang tersisa akan dipakai oleh para petugas haji. Pada kloter I ada empat laki-laki dan satu perempuan.

Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jemaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter. Jemaah dari Jatim  35.152 orang, Bali 698 orang, dan dari NTT 668 orang. Petugas kloter 420 orang.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya