DBD Jatim Tembus 6.515 Kasus pada Pekan Ketiga Maret 2024

Akui ada kasus meninggal dunia

Surabaya, IDN Times - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur (Jatim) pada awal 2024 ini terus mengalami peningkatan. Ditaksir, angka kasusnya akan melampui kasus tahun lalu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, ada sebanyak 6.515 kasus pada periode Januari - pekan ketiga Maret 2024. Sedangkan tahun lalu, periode Januari - Desember 2023, total sebanyak 9.401 kasus. 

"Trennya naik, karena 9 ribu itu setahun sedangkan ini baru tiga bulan sudah mencapai 6 ribu kasus," ujar Kepala Dinkes Jatim, dr. Erwin Astha Triyono.

Dari 6.515 kasus tahun 2024 tersebut, Erwin mengakui bahwa ada anak-anak yang meninggal dunia. Sayangnya, ia enggan menyebut jumlahnya. Ia hanya mengungkap bahwa tak lebih dari 1 persen.

"Kami harap sisanya bisa dicegah dengan upaya 3M (menguras, menutup, menimbun)," kata dia.

Erwin melanjutkan, kasus kematian karena keterlambatan penanganan. Ia mengatakan, kasus DBD bisa sembuh sendiri dalam waktu tujuh hari, namun menuju itu ada dua hari yang mengancam. 

"Kematian lebih banyak terjadi pada anak-anak karena DBD ini menipu, hari ke-3 dan ke-4 demamnya menurun tapi ancamannya di situ bisa terjadi syok dan pendarahan karena trombositopenia," katanya.

Karena hari ke-3 dan ke-4 demam turun, lanjut Erwin, anak-anak sudah keluar untuk bermain tanpa disadari saat itu sedang masa kritis. "Imbauan dengan adanya DBD pencegahan penting dan deteksi dini juga penting karena terapinya tidak ada yang lebih baik dari cairan," ucapnga.

"Penyakit ini bisa sembuh dalam tujuh hari tapi ada dua hari ancaman tadi sehingga perlu monitoring," tambah dia.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat terutama para orang tua agar segera melakukan deteksi dini jika mencurigai adanya gejala demam berdarah seperti panas dingin, lemas, bahkan pendarahan dengan memeriksakan diri ke fasyankes terdekat. 

Selain itu, upaya paling penting lainnya adalah melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan 3M dan rutin kerja bakti untuk membersihkan lingkungan dari genangan yang jadi tempat kembang biak nyamuk aedes aegypty.

Baca Juga: 9 Cara Mencegah DBD, Dimulai dari Rumah!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya