Comscore Tracker

Dampak Kekerasan Gontor, PWNU Jatim Bikin 40 Posko Ramah Anak

Ada 6 ribu Ponpes di bawah naungan NU Jatim

Surabaya, IDN Times - Kasus kekerasan antarsantri hingga menelan satu korban jiwa di Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor mulai direspons oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim). PWNU langsung membentuk 40 pos koordinasi ramah anak se-Jatim.

1. Posko ramah anak bantu pengawasan di Ponpes

Dampak Kekerasan Gontor, PWNU Jatim Bikin 40 Posko Ramah AnakIlustrasi Kekerasan pada Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Posko ramah anak yang segera diluncurkan ini akan membantu pesantren dalam kelakukan pengawasan, antisipasi, pencegahan dan penanganan cepat dan terarah. Melalui program ini pula, akan memberi tambahan jaminan bagi wali santri akan keberadaan putra-putrinya di pesantren. 

"Pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan yang selama ini terbukti memberikan layanan pengajaran, pendidikan ilmu dan akhlak hingga memberi motivasi kehidupan," ujar Sekretaris PWNU Jawa Timur, Prof Akh. Muzakki melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (22/9/2022).

2. Akui Ponpes perlu bantuan untuk pengawasan

Dampak Kekerasan Gontor, PWNU Jatim Bikin 40 Posko Ramah AnakPonpes Gontor. Instagram.com/pondok.modern.gontor

Langkah ini pun ditanggapi positif oleh pengelola pesantren. Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang, KH Abdussalam Shohib menyambut positif adanya posko ramah anak untuk pesantren. Sebab, dia pribadi menyatakan prihatin kalau ada kekerasan di ponpes.

"Kita semua tentu prihatin, peristiwa itu merupakan semacam peringatan kepada semuanya, terlebih kepada NU yang banyak pesantrennya," tutur Kiai Salam, cucu generasi Pendiri NU KH Bisri Syansuri.

Bagi para ulama pesantren, kata dia, saat ini pengasuh ponpes memerlukan suatu cara untuk mengelola santri yang tinggal di pesantren. "Bisa dibayangkan bagaimana mengelola dan mengawasi sekian banyak santri, ini tentu bukan hal yang mudah," kata Wakil Ketua PWNU Jatim. 

Baca Juga: Kronologi Penganiayaan Santri Gontor Versi Kemenag

3. Ada 6 ribu Ponpes di bawah naungan NU Jatim

Dampak Kekerasan Gontor, PWNU Jatim Bikin 40 Posko Ramah AnakIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Perhatian PWNU terhadap ponpes mengingat NU dikenal memiliki jumlah pesantren terbanyak dibanding ormas Islam lainnya. Menurut data Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) atau Asosiasi Pondok Pesantren di bawah naungan NU, di Jawa Timur, terdapat lebih dari 6 ribu pondok pesantren, yang dikelola dari generasi ke generasi.

Sejumlah pesantren yang berdiri lebih dari satu abad menjadi rujukan berdirinya pesantren-pesantren di kemudian hari. Pesantren-pesantren itu antara lain Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Asembagus Situbondo, Ponpes Langitan Tuban, Ponpes Sidogiri Pasuruaun, Ponoes Denanyar Jombang, Ponpes Tambakberas dan Ponpes Tebuireng Jombang.

Baca Juga: Polisi Dalami Adanya Dugaan Upaya Menghalangi Penyidikan Kasus Gontor

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya