Comscore Tracker

COVID-19, Polda Jatim Modifikasi Ops Keselamatan Semeru Tahun Ini

Mereka juga akan membubarkan kerumunan yang tak produktif

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) tetap menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2020 di tengah merebaknya virus corona. Operasi ini digelar pada 6-19 April. Namun, ada yang berbeda dalam penerapannya.

"Dulu operasi ini namanya simpatik, tapi ada namanya perkembangan wabah corona," ujar Wadirlantas Polda Jatim AKBP Pranatal Hutajulu, Selasa (7/4).

1. Tidak ada operasi pengecekan tapi tetap harus lengkap

COVID-19, Polda Jatim Modifikasi Ops Keselamatan Semeru Tahun IniIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Mantan Kapolres Ngawi ini menjelaskan akan ada modifikasi dalam Ops Keselamatan Semeru 2020. Jika biasanya identik dengan operasi pengecekan kelengkapan, penindakan hingga penilangan, maka kali ini polisi hanya akan mendukung penanganan pencegahan COVID-19.

"Sehingga kita memodifikasi operasi yang kita laksanakan ini, tujuannya mendukung penanganan pencegahan COVID-19," kata Pranatal.

Meski begitu, polisi tetap mengimbau pengendara mematuhi aturan yang ada. Seperti taat rambu lalu lintas dan membawa kelengkapan berkendara.

2. Lakukan pembubaran kerumunan yang tidak produktif

COVID-19, Polda Jatim Modifikasi Ops Keselamatan Semeru Tahun IniIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Dalam operasi ini, pihaknya juga lebih mengedepankan upaya preemtif dan preventif. Petugas patroli akan lebih aktif membubarkan kerumunan masyarakat. Terlebih kepada mereka yang masih nekat nongkrong di cafe maupun warung kopi.

"Sesuai domain kita polisi lalu lintas kita mengimbau pusat kerumunan masyarakat yang tidak produktif kita imbau untuk bubar," ucap Pranatal.

"Jika kegiatan tersebut produktif, kita mengingatkan kegiatan tersebut menggunakan protokol pencegahan dengan physical distancing, jaga jarak, mungkin beberapa kelengkapan dari penyelenggara kegiatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer," dia menambahkan.

Nantinya pada pelaksanaan Ops Keselamatan Semeru 2020, polisi juga akan membagi masker, hand sanitizer maupun penyemprotan disinfektan ke kendaraan yang melintas. Langkah ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat.

3. Pengaturan dan penjagaan lalin rutin

COVID-19, Polda Jatim Modifikasi Ops Keselamatan Semeru Tahun IniIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Perwira dengan dua melati emas ini menambahkan, preventif yang dilakukan pada Ops Keselematan Semeru 2020 ialah pengaturan dan penjagaan lalu lintas secara rutin. Kemudian merekayasa lalu lintas karena ada beberapa ruas jalan ditutup secara berkala.

"Kita melakukan rekayasa lalu lintas pada kawasan physical distancing di Jalan Darmo dan Tunjungan yang setiap hari dilakukan," kata Pranatal.

Baca Juga: Catat! Dua Pekan Ini Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru Lagi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya