CJH 119 Tahun Berangkat Haji Tahun Ini

Alhamdulillah, mbaheee

Surabaya, IDN Times - Sungguh beruntung Harun bin Senar. Di usia senjanya, dia masih punya kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Pria berusia 119 tahun asal Pamekasan ini menjadi jemaah haji tertua di Jawa Timur (Jatim).

Harun mengaku baru pertama kali pergi haji. Pada tahun ini, dia tergabung dalam 445 jemaah calon haji kloter 6. Ketika sampai di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, kesehatan Harun langsung dicek. Semuanya dipastikan sehat dan normal.

"Pemeriksaan kesehatan semuanya normal," ujar Harun, saat ditemui awak media di asrama haji.

Saat ditanya resep rahasia bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat, Harun membeberkan kalau pria yang berprofesi sebagai pedagang ayam ini hanya rajin makan sayur-sayuran saja. "Badan sehat hanya sakit karena umur sudah tua, resepnya hanya makan sayur," katanya.

Harun tidak sendirian saat pergi haji nanti, dirinya bersama sejumlah ponakan maupun tetangganya asal Pemekasan, Madura itu juga berangkat bersama ke Tanah Suci, untuk melaksanakan Ibadah Haji 2023.

Ia bersyukur mendapat kuota tambahan dari Pemerintah untuk Jemaah Haji 2023. "Tahun 2017 didampingi sama ponakan tetangga tetangganya. Akhirnya dapat panggilan (kuota tambahan dari pemerintah) tahun 2023 ini. Uang hasil menabung jual tanah dan jual sapi," kata dia.

"Daftar haji selama 6 tahun, belum pernah berangkat haji baru pertama kali," pungkas dia.

Baca Juga: Dear Jemaah Haji: Harus Jaga Kondisi karena Suhu di Arab Capai 45°C

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya