Cerita Anak Berau saat UTBK di Unesa, Sempat Keliru Nama

Lho kok isa?

Surabaya, IDN Times - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama, Senin (8/5/2023). Ada sebanyak 26 peserta dari luar pulau Jawa dari total 1.740 peserta yang ikut tes.

Berdasarkan data Unesa para peserta datang dari berbagai tempat seperti Kalimantan Timur, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara bahkan Papua. Salah satu peserta dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Adelia Putri (17) mengatakan bahwa dia rela menempuh perjalanan jauh dari tanah kelahirannya demi mengikuti UTBK Unesa.

Demi tes tersebut, Adelia mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Ia belajar mandiri menjawab berbagai skema soal yang ada, baik lewat contoh yang disiapkan panitia pusat, maupun soal-soal yang ada di internet.

Sudah matang di persiapan, Adelia  malah sempat terkendala saat akan melakukan perjalanan ke Surabaya. Gegaranya, surat keterangan lulus yang dibuatkan sekolahnya, SMA Negeri 1 Berau terjadi kekeliruan nama. Itu baru dia sadari ketika dia sudah sampai di Bandara Kalimarau, Berau.

"Nah, saya kan baru cek. Ternyata nama saya itu salah. Langsung saja, kakak saya yang antar di bandara putar balik ke sekolah untuk membuatkan ulang surat keterangan lulus itu. Hampir deg-degan takut gak dapat pesawat. Akhirnya, kakak saya tiba di bandara sebelum waktu check in tutup dan sampai ke  Surabaya," katanya.

Kendati begitu, Adelia mengatakan bahwa tesnya berjalan lancar. Dia berharap hasilnya bisa memuaskan dan mengantarkannya menjadi mahasiswa Teknik Informatika Unesa jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023.

"Harapannya semoga saja hasilnya baik dan bisa lulus di sini," kata dia.

Baca Juga: 14 Ribu Peserta Jalani UTBK SNBT di Unair Mulai Hari Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya