Cari Tahu Sebab Amblesnya Jalan Gubeng, Polda Jatim Periksa 11 Orang 

Mereka juga datangkan para ahli

Surabaya, IDN Times - Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan saat ini sudah ada 11 orang dari 3 perusahaan yang diminta keterangan penyebab terkait kejadian ini. Luki menambahkan, bahwa pihaknya berjanji akan terus memberikan perkembangan informasi. Dia tidak mau bicara lebih banyak dengan analisis sementara karena bisa menjadi kegaduhan di tengah masyarakat.

"Kita dalami, kita belum tahu, ini ada orang ahli semuanya, ini sudah ada 11 diambil keterangan dari tiga perusahaan sesuai keahliannya," jelasnya di Jalan Gubeng Raya, Rabu (19/12).

1. Kumpulkan juga para ahli

Cari Tahu Sebab Amblesnya Jalan Gubeng, Polda Jatim Periksa 11 Orang IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain memeriksa 11 orang saksi, mengumpulkan para ahli untuk mengetahui sebab amblesnya jalan tersebut. "Karena ada yang menyampaikan pada bulan Februari sudah ada saran terkait nanam paku (pancang) keluar air. Nah itu saran tindak lanjut ini ada tiga perusahaan," ujarnya.

2. Gubernur apresiasi dengan pelibatan ahli

Cari Tahu Sebab Amblesnya Jalan Gubeng, Polda Jatim Periksa 11 Orang IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Gubernur Jatim, Soekarwo mengapresiasi langkah yang sudah diambil dengan melibatkan para ahli. "Langkah positif memanggil ahli dibidangnya. Penanganan dengan melibatkan ahli, itu juga bentuk penanganan," kata gubernur dua periode ini.

Baca Juga: Jalan Gubeng Ambles, BBJN Sebut Ada Rongga Aliran Air Sejak Februari

3. Bappeko Surabaya akan lakukan sodir dan bording tanah

Cari Tahu Sebab Amblesnya Jalan Gubeng, Polda Jatim Periksa 11 Orang ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Ery Cahyadi mencari apakah penyebabnya salah kontruksi pembangunan basement Rumah Sakit Siloam. Tak hanya itu, dia akan mengecek tanah di sekitar lokasi jalan ambles. "Saya nanti juga ngecek tanah dengan sodir dan bording. Nanti juga ke seluruh rumah warga radius kilometer sana, sehingga tidak ada gerakan, warga bisa tenang," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon.

4. Jalan Gubeng Raya ambles pada Selasa malam

Cari Tahu Sebab Amblesnya Jalan Gubeng, Polda Jatim Periksa 11 Orang ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Sebelumnya, Jalan Gubeng Raya mengalami ambles pada pukul 21.30 WIB, Selasa (18/12). Terlihat di lokasi kalau jalan ambles sedalam 8 meter dengan panjang 20 meter. Hingga saat ini, para petugas masih berjaga dan beberapa pejabat melakukan tinjauan langsung agar bisa mengambil keputusan untuk perbaikannya.

Baca Juga: Sutopo Sebut Amblesnya Jalan Gubeng Bukan karena Gempa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya