Cara Prabowo-Gibran Gaet Suara Jatim, Kenalkan Program Ekonomi Biru

Program apa tuh?

Surabaya, IDN Times - Bakal Pasangan Calon Presiden - Wakil Presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka disebut punya program ekonomi biru. Program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi maritim di Indonesia.

"Program Presiden Prabowo adalah ekonomi biru, yaitu memastikan sarana dan prasarana tersedia bagi nelayan dan pembudidaya perikanan untuk memperbaiki produktivitas dan menjamin kualitas produk yang dihasilkan," ujar Penasehat Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Fandi Utomo, Minggu (12/11/2023).

Program ini, kata Fandi, mulai dikenalkan olehnya ke masyarakat di Jawa Timur (Jatim). Karena menurutnya, Jatim punya potensi maritim yang besar. Dia menambahkan, bersama Prabowo-Gibran nanti tercipta kedaulatan berbasis protein hasil laut.

"Melalui program perikanan budidaya laut (maritim aquacultur) dan perikanan budidaya pantai (coastal aquaculture) serta perikanan laut dalam (deep see fishing) akan tercapai untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di Jatim bagian selatan khususnya Banyuwangi," kata dia.

Lebih lanjut, Fandi menerangkan, ekonomi biru sebagai konsep pembangunan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya di lautan. Tujuannya adalah meningkatkan potensi sumber daya maritim di Indonesia.

"Potensi ekonomi biru bernilai tambah di sektor pariwisata, pengembangan EBT berbasis perairan laut, ekonomi sirkular, dan industri pengolahan berbasis sumber daya kelautan. Sederhananya, ekonomi biru merupakan peningkatan nilai ekonomi berbasis wilayah pesisir dan laut," terangnya.

"Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang 175 Km yang memiliki potensi perikanan tangkap dan wisata bahari yang luar biasa. Bersama Presiden Prabowo, Banyuwangi akan menjadi lumbung -lumbung ikan laut di Indonesia sekaligus dunia," pungkas dia.

Baca Juga: Mantan Istri Prabowo Titiek Soeharto Jadi Penasihat TKN Prabowo-Gibran

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya