Buruh Jatim ke Prabowo - Gibran, Gerindra Sesumbar 1 Putaran

Prabowo-Gibran janji kebijakan proburuh

Surabaya, IDN Times - Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Gerakan Aliansi Serikat Pekerja (Gasper) Jawa Timur (Jatim) memberikan dukungan terbuka kepada Pasangan Calon Presiden (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Iya kemarin (Minggu) deklarasi (saat di Gelora Delta Sidoarjo). Teman-teman Gasper memutuskan dukung 02," ujar Juru Bicara Gasper Jatim, Jazuli saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/1/2024).

1. Gerindra sebut sinyal menang 1 putaran kian tampak

Buruh Jatim ke Prabowo - Gibran, Gerindra Sesumbar 1 PutaranKetua Gerindra Jatim, Anwar Sadad saat temui nelayan di Gresik. Dok. Gerindra Jatim.

Dukungan itu dinyatakan saat perayaan HUT SPSI ke-51 dan HUT ke-8 Gerakan Aliansi Serikat Pekerja (Gasper) Jatim di Gor Delta Sidoarjo, Minggu (28/1/2024). Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad mengakui dukungan sangat bergelora. Ia menilai ini sinyal menang bagi kubu 02.

"Dukungan dari kaum buruh ini semakin menguatkan optimisme seluruh pendukung Prabowo-Gibran menghadapi pilpres yang akan datang akan menang sekali putaran," kata dia.

Dewan Pengarah TKD Jatim Prabowo-Gibran ini menyebut kaum buruh memiliki solidaritas luar biasa jika mendukung salah satu paslon. Ia pun menilai kalau dukungan ini akan utuh, tidak terpecah belah.

"Karena kaum buruh kita tahu adalah kelompok masyarakat yang punya solidaritas luar biasa di dalam memperjuangkan apa yang diinginkan kebaikan di masa depan," jelas Sadad.

"Pilihan mendukung paslon 02 tentu adalah putusan yang tepat dan saya yakin sudah digodok sangat matang oleh SPSI di bawah pimpinan Ahmad Fauzi dan tadi ada Jazuli juga," tambahnya.

Baca Juga: Di Depan Ribuan Buruh, Gibran Janjikan Upah Layak dan Sarjana

2. Janjikan kebijakan proburuh jika Prabowo - Gibran terpilih

Buruh Jatim ke Prabowo - Gibran, Gerindra Sesumbar 1 PutaranCawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di depan ribuan massa buruh di Gelora Delta Sidoarjo. Dok. Relawan Buruh.

Lebih lanjut, Sadad meyakinkan kepada para buruh bahwa masa depan akan cerah jika Prabowo - Gibran menjadi Presiden - Wakil Presiden. Dia menyebut ada dejumlah program yang disiapkan untuk buruh maupun keluarganya ke depan.

"Maka ke depan menghadapi pemilu, tentu relawan yang berasal dari unsur kaum buruh dan keluarganya, para simpatisannya dan orang yang berjuang untuk memperkuat kaum buruh menghadapi perkembangan modernisasi perkembangan teknologi, mereka harus diperkuat dengan berbagai hal mulai skill, vokasi, dan lain sebagainya," katanya.

"Tentu penguatan itu akan dituangkan dalam kebijakan resmi dan saya yakin di HUT SPSI ini kaum buruh menunjukkan loyalitas yang tinggi, dedikasi tinggi. Kaum buruh juga akan membangun solidaritas menghadapi pilpres dan dengan tambahan amunisi mereka, saya yakin pilpres akan dimenangkan satu putaran oleh 02," imbuh Sadad.

3. Gibran bakal wujudkan upah layak dan sarjana bagi anak buruh

Buruh Jatim ke Prabowo - Gibran, Gerindra Sesumbar 1 PutaranDewan Pengarah TKN Prabowo - Gibran, Khofifah Indar Parawansa saat hadiri acara Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Dok. Relawan Buruh.

Dalam acara ini, Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjanjikan upah layak hingga sarjana bagi anak buruh. Wali Kota Solo itu akan mewujudknan janjinya ketika menjadi Wakil Presiden mendampingi Prabowo.

"Masalah anak-anak pekerja, kalau bisa nanti s1 semua. Gitu nggih," kata dia.

"Nanti yang namanya KIP, beasiswa, nanti akan coba kami prioritaskan untuk anak anak serikat pekerja ya," imbuh Gibran.

Hal ini, lanjut Gibran, sebagai bentuk komitmen Paslon nomor urut 2 yang ingin para pekerja kebagian dampak positif di tengah pembangunan dan industrialisasi. "Kita pengin juga para pekerja, buruh ikut maju juga," kata dia.

"Jadi sekali lagi masalah upah, masalah pesangon, masalah keselamatan kerja, masalah pendidikan anak, nanti berikan atensi khusus," tambah Gibran.

Putra sulung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ini pun ingin melanjutkan program yang telah berjalan di pemerintahan saat ini. "Program-program seperti KIS, BPJS, PKH, dll, nanti akan kami lanjutkan, dan akan kami review ulang biar data basednya lebih terupdate dan lebih tepat sasaran," kata Gibran.

"Sehingga tidak ada lagi yang merasa tersisihkan, tidak pernah dapat bantuan ataupun pilih kasih. Gitu nggih," lanjutnya.

Baca Juga: Resmi Dukung Prabowo, Eks KSAD Dudung: Di Benak Beliau Hanya Indonesia

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya