Bupati Tuban Dilantik, Gubernur Khofifah Pesan Penanganan COVID-19

Rem dan gas selaras di tengah pandemik

Surabaya, IDN Times - Tak seperti kepala daerah lainnya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki tidak didampingi wakilnya, Riyadi, saat pelantikan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (20/6/2021). Riyadi hanya mengikuti momen spesialnya dilantik sebagai orang nomor dua di lingkungan Pemkab Tuban via online alias daring.

1. Sampaikan pesan Presiden terkait penanganan COVID-19

Bupati Tuban Dilantik, Gubernur Khofifah Pesan Penanganan COVID-19Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat prosesi melantik Bupati Tuban di Gedung Negara Grahadi. Dok. Pemprov Jatim.

Ketika melantik Bupati Tuban, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa berpesan mengenai Instruksi Presiden (Inpres) dalam upaya menekan jumlah angka kasus COVID-19. Termasuk percepatan vaksinasi serta Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Pesan Pak Presiden, gas dan rem sedapat mungkin diselaraskan. Ekonomi digas, kemungkinan peningkatan COVID-19 direm," ujarnya.

2. Pembangunan industri migas di Tuban dinilai sangat maju, ingin sambungkan transportasi kereta api

Bupati Tuban Dilantik, Gubernur Khofifah Pesan Penanganan COVID-19

Terkait pembangunan, mantan Menteri Sosial itu menilai industrialisasi di kabupaten tersebut sudah luar biasa maju. Mengingat, di sana ada program infrastruktur migas. Melihat hal itu, Khofifah merencanakan penyediaan transportasi komuter bagi tenaga kerja di sana.

Gubernur kelahiran Surabaya itu juga ingin mengaktifkan lagi titik-titik stasiun di beberapa tempat yang kurang dimaksimalkan. "Sehingga dari Bojonegoro, Babat (Lamongan) dan Gresik, tidak harus tinggal di Tuban, kalau komuter bisa dimaksimalkan. Hal ini untuk mengurangi dampak sosial yang muncul  jika terkonsentrasi di satu titik," katanya.

Menurut dia, hal tersebut tidak sulit diwujudkan oleh Pemkab Tuban untuk bersinergi dengan Pemprov Jatim. Lantaran, Bupati Tuban Aditya Halindra memiliki mentor seorang ibu yang merupakan mantan Bupati Tuban, Haeny Relawati Rini Widyastuti. Terlebih saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Golkar.

3. Ingatkan ekonomi Tuban yang terkonstraksi selama 2020

Bupati Tuban Dilantik, Gubernur Khofifah Pesan Penanganan COVID-19

Lebih lanjut, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengajak Bupati dan Wabup Tuban untuk memperhatikan kondisi makro ekonomi dan sosial di wilayahnya. Berdasarkan data BPS Jatim 2020, ekonomi Tuban terkontraksi  sebesar 5,85 persen. Persentase itu lebih tinggi dibanding Bojonegoro dan Lamongan sebesar 0,40 persen dan 2,65 persen.

"Sementara kontribusi terhadap  pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 2,71 persen," imbuh Khofifah. 

Baca Juga: Muda dan Menawan, 10 Style ala Calon Bupati Tuban Aditya Halindra

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya